CERITA LUCU

By Santri Ekonomi 25 Nov 2019, 21:31:06 WIB Tulisan Santri
CERITA LUCU

Kisah lucu ini berawal dari dua cangku yang jatuh kedalam kolam susu. Mereka mencoba keluar dari kolam tersebut namun mereka kesulitan. Salah satu cangku menyerah dan akhirnya hanyut kedalam kolam. Yang satunya berusaha keras dengan cara berputar-putar didalam kolam sehingga susu tersebut mengkristal. Sehingga dia mampu menaiki dengan cara melompat-lompat seperti katak diatas susu yang telah beku tersebut dan akhirnya dia bisa keluar dari kolam.

Keputusan tersebut menjaga cangku (si pelompat katak) mengubah  kehidupan dan pada akhirnya bisa melanjutkan takdir kehidupan berikutnya. Keputusan yang ia gunakan termasuk keputusan kuat sehingga mampu yang membuatnya selamat dari akibat perbuatannya sendiri. Keputusan yang kuat menjadi alasan yang sehingga ia tetap hidup.

Si Cangku yang satunya mempunyai keputusan yang lemah sehingga ia tidak selamat. Si cangku tersebut mati sehingga ia kehilangan barang berharganya, kehilangan seluruh hidupnya.

Keputusan yang lemah ialah keputusan yang diambil seseorang kemudian tidak dilaksanakan atau diselesaikan dengan baik.

Kata “keputusan” berasal dari putus, yang berarti bahwa putus semua kemungkinan yang dapat diulang atau menghalangi seseorang bisa bergerak maju dengan keputusannya

Sebuah kisah benar-benar terjadi pada saya ketika saya sedang bekerja di restoran terkenal sebagai cheff (juru masak) yang hanya bisa beraktifitas di dapur saja. Restoran ini memiliki satu pintu masuk, dan saat banyak orang ingin masuk kedalam pintu tersebut mereka tidak bisa masuk secara bersamaan.

Ketika saya beraktivitas ada yang menelfon saya bahwa akan terjadi sesuatu di restoran ini, penelfon tersebut berkata: “ada bom di restoran”. Akhirnya saya menelfon polisi dan petugas pemadam kebaran serta ambulan untuk datang. Salah seorang dari mereka berkata: “kumpulkan semua karyawan restoran kemudian beritahu dengan perlahan bahwa ada sebuah bom”. Saya kagum kepada orang ini dan akhirnya saya mengatakan kepada mereka.

Saya harus membuat keputusan, saya tau bahwa tamu nantinya akan meninggalkan restoran ini sehingga restoran mengalami kerugian yang besar, yang saya tidak tahu bagaimana cara memberitahu mereka dengan menambah sedikit lelucon sehingga bisa menutupi salah satu dari tragedi ini.

Akhirnya saya memutuskan tidak memberitahu mereka yang datang, Saya melewati waktu sulit itu selama tiga jam, dan pada akhirnya sayan menjelaskan bawa informasi itu hanya salah komunikasi.

Keputusan adalah apa yang menentukan nasib manusia. Ini adalah keputusan yang menentukan bagaimana kita menghadapi dan bagaimana kita beremosi dan bagaimana kita mencerna persoalan. Ini adalah keputusan yang menetukan karakter kita ketika berbicara, kita mendudukan persoalan, kita bekerja atau kita hanya emosi.

Semua keputusan ini didasari dari bagaimana kami mengkonsep diri agar keputusan yang kami buat bisa benar, kami harus tahu bagaimana membuat keputusan yang tepat hingga kami bisa menyelesaikan semuanya dengan cara terbaik.

Dunia saat ini bergerak dengan dua sayap: Tanggap dan inovasi, manusia perlu menyadari hal ini agar tidak merusak hidup mereka

Terjemahan kitab halaman 22-24




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment