Dr. KH. Marsudi Syuhud – 8 Langkah Kunci Menuju Kesuksesan


hobindonesia.id Keberhasilan tidak luput dari sebuah perjuangan yang penuh tantangan dalam menghadapinya, terus berusaha menjadi kekuatan utama, dan terus tawakal kepada Allah Swt.

Kunci kesuksesan adalah terus menyeimbangkan antara usaha dan tawakal. Artinya, jasmani terus berusaha dan hatinyapun percaya ‘bahwa yang dilakukan itu baik, dan percayakan untuk masalah hasil pasrahkan kepada Allah’. Kewajiban sekarang anda hanyalah action dan terus berusaha, dari situlah kedepannya anda merasa beban pikiran yang ada di dalam diri anda terasa ringan.

Dua komponen itulah yang harus bekerja sama, antara jasmani dhohir dan komponen hati atau rasa yakin. Jadi, Kalau mau berusaha apa saja, harus ada kedua komponen tersebut.

Selalu berusaha dan percaya kepada Allah, bahwasanya apa yang sudah anda usahakan bisa sukses sebab anda percaya adanya Allah SWT.

Yang perlu di ingat, jangan sampai anda terpesona hanya karena usaha – ushaa saja, lantas mengecualikan adanya tawakal. Kalau begitu caranya anda akan mudah gagal dalam mencapai tujuan. Karena itulah, dua komponen harus terus di jalankan. Sebab pada dasarnya, sekarang yang terjadi di realitasnya seperti itu.

Kalau anda sudah bisa menggerakkan dua komponen tersebut, anda akan menemukan terus – menerus kekuatan pada dirimu sendiri, dan tidak akan pernah merasakan capek atau malas. Sebab pada hati anda ada perasaan ‘bahwa Allah selalu mengasih jalan’.

Dari penjelasan di atas bahwasannya kesuksesan bisa anda capai dengan 8 langkah, yakni :

1) Tenemukan kemampuan yang ada di dalam diri dan jadikanlah itu sebagai langkah awal untuk meraih kesuksesan. Lantas kalau anda sudah menemukan kemampuan yang ada di dalam diri anda. Keuntungannya, ketika ada orang yang mencela diri anda, pikiran dan hati anda tidak akan terpengaruh sama sekali dengan hal tersebut.

2) Menerima diri sendiri, dengan keadaan yang apa adanya, selalu bersyukur, dan tidak berfikir tentang kekurangan yang ada di dalam diri.

3) Mampu membuat keputusan, baik membuat keputusan diri sendiri maupun orang lain. Dan jangan terlalu menyesali apa sudah ada putuskan.

4) Memilih, apa yang bisa membawa anda kepada kemanfaatan untuk diri sendiri maupun orang lain.

5) Responsible, keputusan yang sudah anda ambil harus menjadi tanggung jawab anda sendiri, di samping itu anda jangan suka membandingkan, jangan suka menyalahkan apa yang sudah menjadi tanggung jawab anda.

6) Membersihkan hal-hal buruk pada masa lalu, sebab kegunaan masa lalu hanyalah untuk evaluasi. Tidak perlu di pikirkan terlalu serius, ketika anda bisa melawan itu semua, anda akan menemukan skill yang selama ini anda cari.

7) Tentukan mana yang lebih utama, pada kenyataannya lakukan segala hal dari yang lebih penting terlebih dahulu.

8) Dan yang terakhri adalah siap – siap untuk meraih masa depanmu atas dasar usaha dan tawakal yang sudah anda jalani selama ini. Kalau ada problem ditengah – tengah, jadikan diri anda sebagia orang yang bisa menyelesaikan masalah tersebut.

~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *