Keutamaan Membaca Sholawat Nariyah


Sholawat merupakan salah satu bacaan umat muslim untuk memanjatkan doa dan memuji Nabi Muhammad saw. Hukum dari bersholawat telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an. Bahkan Allah dan para malaikat juga ikut bersolawat. Salah satu bacaan sholawat yang sering dilantunkan umat muslim adalah sholawat Nariyah. Bacaan ini sangat popular bagi umat muslim, karena sholawat ini memiliki banyak keistimewaan.

Sebelum membahasa keutamaan dari sholawat nariyah, sebaiknya kita mengetahui bacaan solawat nariyah.
أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan surahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, disetiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau”.

Bacaan sholawat nariyah memiliki 5 keutamaan jika seseorang mengamalkanya. Berikut penjelasanya:

1. Dapat meringankan masalah dan menghilangkan kesedihan

Manfaat membaca solawat nariyah yang pertama adalah dapat meringankan masalah dan menghilangkan kesedihan. Sholawat nariyah menjadi bentuk tawasul untuk meminta kepada Allah melalui Nabi sebagai perantaranya. Hal ini sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir, Rosulullah saw bersabda, yang artinya
“siapa membaca sholawat kepadaku sehari 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya. 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. Dan hadist Rosulullah yang mengatakan, perbanyaklah sholawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan”.

2. Sebagai amalan pembuka rezeki yang tidak akan putus

Keutamaan sholawat nariyah selanjutnya adalah dapat membuka pintu rezeki. Dengan rutin membaca sholawat nariyah sebanyak 90 kali setiap harinya, maka Allah mengangkat kedudukan dan dimudahkan rezeki.

3. Diberikan kemudahan dan segala urusannya

Keutamaan selanjutnya adalah, bagi orang yang membaca sholawat nariyah, maka dia akan dimudahkan urusanya. Membaca sholawat nariyah merupakan salah satu hal yang dianjurkan bagi setiap muslim sebagai pujian kepada Rosulullah saw.

4. Menjadi do’a untuk dikabulkan hajatnya

Bagi umat muslim, sholawat nariyah tidak sekedar pujian dan sanjungan kepada Rasulullah saw. Sholawat nariyah juga menjadi do’a untuk memanjatkan hajat. Dengan membaca sholawat nariyah, maka hajatnya akan dikabulkan oleh Allah swt. Syekh Al-Qurthuby berkata :
“Bila dibaca 4.444 kali dalam satu majelis (sekali duduk), maka akan ditunaikan hajatnya yang besar dan dibebaskan dari musibah yang sangat membahayakan. Demikian pula hitungan yang sama disebutkan Syekh Ibnu Hajar al-Asqalany”.

5. Dilindungi dari segala macam penyakit dan marabahaya

Sholawat nariyah dapat dibaca untuk meminta perlindungan agar terhindar dari penyakit. Dengan rutin membaca sholawat nariyah, maka bisa mengharapkan berkah dan memohon kepada Allah agar mendapat keselamatan.

Demikianlah bacaan dan keutamaan sholawat membaca sholawat nariyah. Maka dari itu kita sebagai umat muslim, sebaiknya mengistiqomahkan membaca sholawat-sholawat nabi terutama sholawat nariyah.

 

Penulis : Rokhmi Noviatussani

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *