Dr. KH. Marsudi Syuhud – 10 Nasihat Untuk Para Pemimpin

hobindonesia.id Seorang pemimpin yang tentu mempunyai bekal wawasan yang luas, harus paham dengan siapa dia berbicara dan berperilaku.

Oleh karena ini dalam kitab ini, penulis memberikan 10 tips atau nasihat kepada anda yang sangat penting, ketika anda dalam posisi yang bertanggung jawab atau sebagai pemimpin tim kerja.

Rasulullah SAW bersabda, “Agama adalah nasihat.” Para sahabat bertanya, “Untuk siapa?” Nabi menjawab, “Untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin kaum Muslimin, dan untuk seluruh umat Islam.” (HR Muslim dan Nasai).

Dari 10 nasihat ini nantinya yang akan membawa anda dan tim mencapai kesuksesan.

1) Panggil dengan nama yang paling disukai, artinya anda ketika memanggil tim anda, panggilah dengan nama yang paling ia sukai. Melatih dari nama panggilan terlebih dahulu.

2) Dengarkanlah orang lain dan biarkan mereka mengekspresikan diri mereka. Jadi ketika anda memimpin rapat atau sidang, dengarkan mereka terlebih dahulu.

3) Puji kinerja yang baik dan berikan sanjungan kepada orang yang telah melakukan kinerja yang sudah sesuai dengan harapan anda. Jadi kalau ada orang dalam tim anda, mempunyai kinerja yang baik, maka berilah pujian dan apresiasi.

“Seseorang harus bisa memuji dan mengapresiasi yang di pimpin.”

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Jangan Jadikan Alasan Sebagai Penghambat Menjadi Orang Sukses

4) Apa yang anda inginkan, kehendaki, maka ungkapkanlah kepada yang di pimpin dengan jelas.

5) Maafkan, lupakan dan lepaskan masa lalu dengan cepat. Jangan terlalu memikirkan masa lalu terus menerus, biarkan masa lalu sudah berlalu. Jangan takut pada masa lalu, atau bahkan malah ketakutan dengan masa yang akan datang. Ketika anda takut pada hal itu, maka kehidupan anda akan terganggu selama – lamanya.

Sebab “Problem ketidaksukseskan masa lalu, cukup menjadi sebuah pelajaran.”

6) Selalu tersenyum dengan tenang dan ingatlah bahwa senyum anda pada saudara anda adalah sedekah. Mampu mengekspresikan hidup dengan tersenyum terus. Di depan umumpun harus mampu mengekspresikan wajah dengan tersenyum.

7) Jadilah anda orang yang ramah, lembut, dan berwatak seimbang, latihan mulai sekarang mempunyai wakat seperti itu. Karena semua itu bisa dipelajari dan diterapkan, dari situlah orang lain akan tertarik pada anda.

Dan ingat, masalah yang ada di dalam hidup anda, tidak perlu diperlihatkan kepada orang lain, cukup diri sendiri yang tau.

8) Jika ada rahasia tertentu pada tim work anda, jangan ungkapkan kepada seseorang atau orang lain. Buatlah semua orang mempercayai, menyimpan kerahasiaan mereka. Jadi, ketika anda memimpin satu tim ada rahasia yang tidak perlu di publis cukuplah satu tim yang tahu.

Yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi adalah orang amanah yang bisa menyimpan rahasia dengan baik,

9) Pastikan untuk memeriksa tim work anda di tempat kerja, ketika ada seseorang yang melakukan hal yang memuaskan, berikan apresiasi dan kejutan.

10) Mulai bisa memberikan, membangun ruang kasih sayang kepada yang di pimpin. Tidak ada keberatan untuk mengundang mereka untuk makan bersama dari waktu ke waktu.

Semoga dengan 10 nasihat atau tips diatas bisa memberikan manfaat kepada anda semua, karena anda semua adalah calon pemimpin bangsa di masa depan

.

.

Pengajian Kitab سحر القياده ~ كيف تصبح قائدا فعالا (The Magic Of Leadership ~ Bagaimana Anda Bisa Menjadi Pemimpin yang Efektif) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *