Dr. KH. Marsudi Syuhud – Akal Manusia Dari Allah


hobindonesia.id Allah memberikan kepada anda sebuah kemampuan yang tidak ada habisnya yakni, sebuah akal dan keilmuan. Sehingga anda bisa menemukan sesuatu dan menemukan pengetahuan yang baru. Bahwasannya kemampuan yang anda punyai sekarang sesungguhnya setiap harinya akan selalu tambah.

Akal merupakan kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Dalam surat Al-Israa’ ayat 70 Allah SWT berfirman yang artinya,

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (QS. Al-Israa’ : 70).

Dari ayat tersebut dapat dikatakan bahwa akal merupakan kelebihan yang diberikan Allah SWT kepada manusia dan sekaligus menjadi faktor pembeda antara manusia dengan makhluk lainnya.

Selain itu pengarang kitab ini menyampaikan kepada anda tentang kemampuan – kemampuan yang ada didalam diri anda yang mana setiap menitnya akan selalu bertambah atas kekuasaan Allah. Maka dari itu Allah memberi akal, kekuatan- kekuatan, sehingga anda bisa menemukan sesuatu yang baru, menemukan dalil, menemukan pengetahuan, dan itu semua karena Allah telah memberikan akal pada anda untuk berfikir.

Baca Juga : Dr. KH. Marsyudi Syuhud – Jadilah Santri yang Percaya Diri dan Berani

Maka dari itu mari anda semua mulai membahas tentang kemampuan yang urusannya terkait akan akal manusia. Kedepannya nanti akan dibahas secara rinci terkait akal yang anda punyai sekarang cara kerjanya bagaimana, dan sejauh mana anda sudah menggunakan akal anda.

Dari penjelasan diatas, mari mulai membahas satu per satu, mulai dari akal manusia. Akal manusia itu memuat lebih dari 150 miliar sel-sel otak. Jadi akal setiap orang itu mencangkup lebih dari 150 miliar sel akal otak. Dan seorang penulis (Dr David Spencer harper) dari universitas harvard di amerika serikat dalam penelitiannya yang berjudul ‘Dari Akal Atau Otaknya Manusia’ begitupula dia telah menulis dalam bukunya yang berjudul (pengobatan dan kemampuan tanpa bakat). Dr doctor David Spencer harper menyampaikan, jika anda memulai akan menghitung no 1 sehingga sampai pada 150 miliar. Kalau anda mulai hitung dari 1-150 miliar anda akan membutuhkan 5000 tahun. Dan sesungguhnya akal manusia kemampuannya itu tidak terbatas.

Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa akal merupakan perantara untuk memahami kebenaran. Maka dari itu sebagai manusia sudah sepatutnya anda menggunakan akal untuk sesuatu yang benar – benar tidak melenceng dari syariat islam, guna bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah.
.
.
~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.
.
.
penulis:Durotun Nafisah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *