Dr. KH. Marsudi Syuhud – Bangsa Yang Beradab Adalah Bangsa Yang Komitmen Terhadap Ketertiban Umum


hobindonesia.id Bangsa yang beradab adalah bangsa yang paling berkomitmen terhadap ketertiban umum dan moral masyarakat, menjaga hak-hak orang lain dan tidak mencemarkan nama baik atau melanggar haknya, sehingga masyarakat harus mempunyai sistem di atasnya agar masyarakat tidak kacau tanpa ketertiban. Hal tersebut meliputi penghormatan manusia pada peraturan dan tata tertib lalu lintas dan tidak melanggar petunjuknya, sebagaimana meliputi penjagaan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan publik dan ketertiban umum, dan tidak melampauinya walaupun hanya sekedar melebihi perannya dalam menunggu atau antri.

Demikian pula meliputi komitmen untuk semua yang ditentukan oleh hukum negara, dan segala sesuatu yang akan mengkonsolidasikan dasar-dasar ketertiban umum dan membuat masyarakat kita menjadi masyarakat yang terorganisir dan disiplin dalam segala hal.

Orang yang merenungkan situasi negara maju dan masyarakat kelas atas tahu dengan pasti bahwa mereka tidak mencapai apa yang telah mereka capai kecuali dengan menghormati hukum dan komitmen mereka untuk menerapkannya. Diantara menghormati sistem yaitu : komitmen pada prinsip hak dan kewajiban. Sama seperti seseorang ingin mengambil haknya, dia harus memenuhi kewajibannya terhadap komunitasnya, baik dalam menjalankan kewajibannya atau membayar layanan yang diterimanya, dan dia tidak memohon pertolongan untuk melarikan diri dari apa yang dia utang.
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 56

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *