Dr. KH. Marsudi Syuhud – Belajar dari Masa Lalu Demi Mencapai Kesuksesan Dimasa Depan

hobindonesia.id Perbuatan masa lalu, bisa membuat anda untuk selalu menghadirkan pengalaman dimasa sekarang yang lebih baik. Dari pengalaman masa lalu, akan mengajarkan anda sesuatu hal baru di masa sekarang dan siap untuk menghadapi masa depan.

Kalau ada pertanyaan ‘apakah pernah terjadi pengalaman yang negatif pada diri anda, di masa lalu?

Tentunya jawabannya pasti ‘iya’. Sebab, setiap orang pasti mempunyai masa lalu yang entah itu baik atau buruk. Pastinya pernah melakukan hal yang negatif. Dengan adanya pengalaman yang negatif tersebut, banyak cara dan solusi yang bisa anda dapat pelajari untuk mengatasi itu semua.

Lantas, apakah cara anda menangani kegagalan akan sama dengan hal yang lalu?

Tentu tidak,

Apa sebabnya? pastinya akan memakai metode yang baru, tidak mungkin akan memakai metode yang sama. Dengan adanya perbedaan waktu dan pengalaman yang baru hadir akan mempengaruhi metode secara keseluruhan. Dari pengalaman masa lalu, anda bisa belajar banyak hal yang belum anda ketahui dimasa depan. Dengan begitu, anda akan selalu menghadirkan evaluasi demi evaluasi.

Secara kenyataannya yang paling sulit dilakukan, yakni orang cuma sekedar mengingat-ingat masa lalu saja. Tanpa mencari solusi yang baik. Sebab itulah, masa lalu bisa dijadikan skill keahlian. Bahwa anda sudah mendapatkan sesuatu yang bisa anda lewati, dalam bentuk masalah yang sama. Sebab hadirnya masalah yang sama, akan lebih memudahkan anda dalam menyelesaikannya.

Lantas dalam menghadapi persoalan, bagaimana caranya? bagaimana kondisinya? dan bagaimana ekspresi wajah anda? Itu semua akan menjadi nilai plus dalam menyelesaikannya.

Dalam perkembangan zaman yang semakin maju, diiringi teknologi yang semakin cangih. Seketika itu profiling anda akan diketahui oleh mesin, sesungguhnya perilaku sekarang sebenarnya sudah ada maknanya dan itu bisa diterjemah oleh teknologi. Dan pada saat ini, anda tidak bisa berbohong dengan ucapan-ucapan. Sebab take record anda sudah direkam oleh majunya teknologi zaman sekarang.

Di lain sisi, pengalaman negatif seharusnya sudah anda tinggalkan saja, tidak perlu di pikirkan terus-menerus. Kalau masih dalam keadaan tersebut, bisa melakukan dengan menarik nafas dalam-dalam lalu keluarkan pelan-pelan.
Dan ketika anda di situasi marah, dalam keadaan berdiri, bisa duduk agar mengurangi tensi marahnya, kalau belum selesai bisa tidur miring.

Dalam penjelasan diatas, bisa anda ambil kesimpulan. Bahwa pengalaman negatif di masa lalu, sesungguhnya mengajarkan anda banyak hal, guna memperbaiki pengalaman yang sekarang dan akan datang. Dari situlah semangat untuk mencari solusi dan cara menyelesaikannya akan selalu hadir di kehidupan anda.

~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *