Dr. KH. Marsudi Syuhud – Ekonomi Islam Itu Solusi Sistem Ekonomi yang Tidak Terhindarkan


hobindonesia.id Ekonomi Islam Adalah Pendekatan Ekonomi Yang Mencapai Persatuan Dan Harmoni Bagi Massa Dunia Islam : Ada hal lain yang membuat penting bagi para pejabat di dunia Islam untuk menerapkan ekonomi Islam dan komitmennya, yaitu penghapusan perpecahan yang diderita oleh anggota umat Islam yang terbagi antara nurani agama dan undang-undang buatan manusia.

Memang, sebagian besar konstitusi negara Islam menetapkan bahwa Islam adalah agama resmi negara dan dapat menyatakan bahwa hukum Islam adalah sumber atau refrensi utama perundang-undangan.

Namun, teks-teks ini akan tetap menjadi slogan-slogan kosong, kecuali para ulama Islam menyoroti ajaran sosial, politik, ekonomi Islam dan menjelaskan bagaimana menerapkannya sesuai dengan keadaan setiap waktu dan tempat. Dan kecuali para penguasa, di pihak mereka, mempraktikkan ajaran-ajaran ini, yang paling utama di bidang politik adalah pelaksanaan musyawarah dan kebebasan berpendapat (Lihat penelitian kami dalam bahasa Prancis, La Notion du Pouvoir dans I’ Islam, Publikasi di Jurnal Ilmu Politik Mesir, Januari / April 1967 M).

Adapun di bidang ekonomi adalah untuk memastikan tingkat kecukupan bagi setiap warga negara dan untuk mencapai keseimbangan ekonomi di antara anggota masyarakat (Lihat buku kami “The Economic Doctrine in Islam”, referensi sebelumnya, hal 160 dst.).

Baca Juga :Dr. KH. Marsudi Syuhud – Peran Ekonomi Islam Bagi Dunia Islam

Karenanya, dari sudut lain, pentingnya ilmu ekonomi Islam dan perannya bagi dunia Islam muncul sebagai pendekatan ekonomi yang mencapai persatuan dan kerukunan massa dunia antara kehidupan material dan spiritualnya.

4 – Keharusan Solusi Islami : Kami menyimpulkan dari atas apa yang diungkapkan beberapa orang dalam istilah (keniscayaan solusi Islam), tidak hanya sebagai masalah pertemuan atau problematis bagi mereka yang menyerukan dunia Islam kita pada umumnya dan dunia Arab kita pada khususnya dengan apa yang mereka sebut (keharusan solusi sosialis), atau mereka yang berpegang teguh pada ekor (ekonomi bebas).

Sebaliknya, itu berarti bahwa semua situasi, keadaan dan realitas di negara-negara Arab kita pada khususnya dan di dunia Islam kita pada umumnya, memerlukan jalan menuju solusi Islam setelah semua solusi yang diimpor gagal dan semua sistem buatan dihancurkan (Lihat Dr. Yusef Al-Qorsawi, dalam bukunya “The Inevitability of the Islamic Solution”, hlm. 5, 6 dan seterusnya, Bagian Satu, edisi 1391/1971 M, diterbitkan oleh Al-Risala Foundation, Beirut).
.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis: Affan Abdillah
#part 46

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *