Dr. KH. Marsudi Syuhud – Melalui Ekonomi, Kohesi, Kebesaran dan Misi Global Bangsa Islam Tercapai


hobindonesia.id Dalam pertemuan yang ke 54 ini akan meneruskan pembahasan yang sebelumnya yakni, ‘Tugas Yang Dipercayakan Kepada Para Pelopor Ekonomi Islam’ : Dan pada hari ketika departemen atau kursi ekonomi Islam didirikan di universitas dan lembaga khusus dunia Islam, penghuninya akan memiliki banyak tugas yang sulit, terutama :

Pertama : Tersedianya kajian teks-teks Al-Qur’an dan Sunnah yang berkaitan dengan kehidupan ekonomi, menjelaskan bagaimana mengimplementasikannya dengan cara yang sesuai dengan keadaan waktu dan tempat, serta menyarankan solusi-solusi Islami untuk berbagai permasalahan ekonomi zaman.

Kedua : Melakukan studi banding antara doktrin ekonomi Islam dan doktrin-doktrin ekonomi lainnya, serta sejauh mana variasi penerapan ekonomi sebagai akibat adanya perbedaan di antara keduanya, dengan evaluasi masing-masing.

Ketiga : Mengacu pada buku-buku ahli hukum Islam, mengekstrak pendapat rinci mereka tentang masalah yang terlibat dalam bidang ekonomi dan menyajikannya dalam bentuk yang saat ini digunakan dalam studi ekonomi modern dengan komentar tentang mereka.

Baca Juga :Dr. KH. Marsudi Syuhud – King Abdulaziz University Merupakan Universitas Terdepan Kedua Dalam Pengajaran Ekonomi Islam

Keempat : Menelusuri pemikiran ekonomi mayoritas cendekiawan Muslim di berbagai waktu dan negara Islam, dan mengekstraksi perbedaan di antara mereka sambil menyelidiki bukti untuk setiap pendapat dan mengevaluasinya.

Kelima : Membimbing pembentukan perpustakaan ilmiah yang meliputi literatur, penelitian, skripsi dan majalah ilmiah yang berkaitan dengan kajian ekonomi dalam Islam.

Keenam : Mendorong tesis master dan doktor di bidang ekonomi Islam dan menggarap pembentukan peneliti muda yang menggabungkan dua kultur, yakni yuresprudensi Islam dan ekonomi teknis.

Ketujuh : Mempelajari kondisi ekonomi dunia Islam, menyelidiki keterbelakangan yang diderita dunia ini, memetakan cara membangun bangunan ekonomi Islam yang mencapai kerjasama dan integrasi ekonomi dunia Islam, serta melayani umat manusia dan seluruh dunia.

Kami tidak akan pergi jauh, Kami menantikan hari dimana pusat-pusat tinggi atau institut khusus di bidang ekonomi Islam akan didirikan di dunia Islam (Konferensi Internasional Pertama tentang Ekonomi Islam yang dipanggil oleh Kerajaan Arab Saudi untuk menyelenggarakan Universitas King Abdulaziz di Jeddah, yang diadakan di Makkah Al-Mukarramah pada bulan Safar 1396 H. pada bulan Februari 1976 M, menghasilkan pendirian Pusat Internasional untuk Penelitian Ekonomi Islam, yang berafiliasi dengan Universitas King Abdulaziz). Ekonomi adalah bidang vital di mana kekuatan material dan spiritual Islam dimanifestasikan. Melalui itu juga, kohesi, kebesaran dan misi global bangsa Islam tercapai.
.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga :Dr. KH. Marsudi Syuhud : Congratulatory of Global Peace Leaders Conference Korea 2010

Penulis: Affan Abdillah
#part 54

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *