Dr. KH. Marsudi Syuhud – Faktor Internal Kehancuran Negara Lebih Berisiko Daripada Faktor Eksternal


hobindonesia.id Jatuhnya suatu negara terkadang dari luarnya dan terkadang mungkin dari dalamnya. Sementara risiko jatuh dari dalam tidak kurang risikonya daripada risiko jatuh dari luar, bahkan lebih parah dan lebih buruk, selagi negara tidak memperhatikan hal itu.

Musuh eksternal adalah musuh nyata yang sering dihadapkan pada orang-orang, dan merupakan musuh yang ganas yang tidak boleh diremehkan, sehubungan dengan perang generasi keempat dan kelima, dan perkembangan media, alat, dan manajemen peperangan modern. Namun upaya untuk menjatuhkan negara dari dalamnya tetap merupakan yang paling berbahaya, paling banyak tipu dayanya dan paling licik, baik melalui tindakan faktor eksternal, atau faktor internal, atau melaui keduanya. Terkadang juga itu dari bermain di divisi sektarian, doktrinal, etnis, atau perpecahan suku. Tetapi masalah ini sebagian besar juga terungkap. Banyak negara menjadi sadar akan bahayanya, mengambil tindakan pencegahan terhadapnya dan mulai berbuat untuk mengubur hidup-hidup fitnah ini di dalam pembaringannya.

Tidak jauh dari itu adalah masalah penyebaran kebohongan dan desas-desus yang berfungsi untuk merusak simbol-simbol nasional, mendistorsi setiap pencapaian, dan menggertak dan membesar-besarkan aib kecil, sambil mengarang kebohongan dan pemalsuan yang dengannya mereka bekerja untuk menyebarkan keputusasaan dan frustrasi dalam jiwa orang, dengan maksud untuk menghasut mereka agar menentang negaranya atau setidaknya mencegah mereka bekerja untuknya.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 22

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *