Dr. KH. Marsudi Syuhud – Hindari Dua Hal yang Menghambat Kesuksesan


hobindonesia.id Dalam Syair Syekh Syauqi dari Mesir, diabad – 16 yang berbunyi “Meraih tujuan tidak mungkin cuma dengan berandai-andai saja. Padahal dunia ini bisa diambil dengan ditaklukan.”

Orang ingin menjadi sukses, itu tidak mungkin hanya dengan mengandai-andai saja, contohnya anda selalu mengatakan jika saya menjadi, jika saya memiliki, dan jika saya. Kalau sekedar itu saja, hasilnya juga cuma jika saja.

Jika anda diam saja tidak ada usaha sama sekali, ketika berusaha usaha anda hanya minimalist saja atau anda tidak melakukan apa-apa. Tapi, hanya modal beranda-andai saja. Itu hanya membuang – buang waktu saja.

Dan sekarang saya (pengarang) tanya pada anda, satu pertanyaan :
Apakah mungkin anda melakukan sesuatu, kemudian anda tidak bisa Merealiasasikannya, sudah berusaha tapi tidak ada hasilnya.?

Mungkin, jika anda tidak bisa merealiasasikan tujuan anda. Disana ada 2 persoalan.
1) Adakalanya anda berusaha, namun tidak dikembalikan kepada Allah.
2) Terjangkit penyakit Sombong.

Setiap orang pernah merasakan kegagalan atau problem, agar anda bisa belajar dan anda fokus pada kemampuan yang anda miliki sekarang. Yakni, kemampuan yang diberikan oleh Allah SWT.

Ketika anda tidak mampu, anda harus segera قانون الرجوع ‘hukum kembali’ dijalankan, artinya serahkan semua kepada Allah Swt dan tawakkal kepadanya, niatkan untuk membantu orang banyak.

Sepanjang karir anda di dunia ini, anda harus ingat siapa anda. Anda harus selalu ingat bahwa anda makhluk paling baik di sisi Allah. Dan ketahuilah nilai diri anda.

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Setiap Detik Ada Perubahan yang Jarang Disadari Oleh Manusia

Ada sebuah cerita, seorang nelayan menangkap ikan dengan bentuk yang aneh, nelayan itu mendapatkan 2 ikan. Satu bentuknya mirip sapi dan satunya lagi mirip dengan kijang kecil, akan tetapi nelayan tersebut terus menerus mengurus mereka. Pada suatu hari di tepi gunung dia menemukan telor burung nasar. Nelayan ingin melakukan sebuah percobaan/ eksperimen, diambilah telor tersebut dan diletakkan bersama telor ayam. Setelah beberapa waktu, semua telur menetas pada waktu bersamaan baik telur ayam dan telur burung nasar. nasar kecil mengira bahwa dirinya adalah ayam, nasar kecil menaruh kepalanya ke tanah dan mulai makan biji – biji-an seperti ayam – ayam tersebut, nasar kecil mencoba meniru suara ayam namun dia tidak bisa, karena sebenarnya suaranya berbeda sekali dengan mereka. Suatu hari nasar kecil memperhatikan burung-burung yang terbang dilangit berwarna emas, “indahnya ciptaan Allah SWT”, memiliki sayap yang besar dengan percaya diri setelah melihat burung tersebut nasar kecil berkata: “Apakah mungkin aku bisa menjadi seperti burung2 itu?” Maka berkata seluruh ayam kepadanya: ” Diam… diam… menjauhlah darinya, sebenarnya burung nasar ini bisa memakanmu. Bepergianlah burung nasar bersama ayam, akan tetapi dalam dirinya ada sesuatu, dia berkata: “Mengapa aku tidak bisa menjadi seperti burung2 ini? Aku merasa aku bisa menjadi seperti burung2 ini. Di suatu hari dia keluar pagi2 sekali dan melihat burung2, mencoba meniru dengan melebarkan 2 sayapnya seperti burung ini, dan berkata: “sayapku besar seperti burung ini dan tidak seperti ayam, aku lebih besar dari mereka…dan berfikir untuk melompat, keluarlah ayam dan berkata: “kenapa kamu tidak percaya jika kamu sebenarnya ayam?! Kamu tidak lain hanya seekor ayam, kamu akan dimakan jika tidak menjauh dari burung ini… tetapi burung nasar tidak terpengaruh oleh perkataan ayam, dan terus menerus melakukan percobaan melompat untuk terbang, ayam mencoba menyadarkan dengan menertawakan juga meremehkan burung nasar, akan tetapi burung nasar tetap meneruskan percobaannya, lalu melompatlah burung nasar seketika itu dia bisa terbang. Dia percaya bahwa sesungguhnya dia adalah burung nasar bukan ayam. Dari cerita ini saya (pengarang)mengharapkan untuk mengingat selalu hal ini anda memang bukan burung nasar tetapi anda adalah makhluk yang paling baik disisi Alla SWT. Jangan menjadi ayam yang sukanya merendahkan, takutlah dari orang2 yang bisa mencuri mimpi seperti ayam, dan jangan menjadi orang yang mudah mempengaruhi yang lain. Ketika anda mendapatkan problem, ingatlah sesungguhnya problem tersebut dari Allah SWT. Agar anda menjadi sabar dan taat kepada Allah lebih banyak.
.
.
~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

oleh: Milati

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *