Dr. KH. Marsudi Syuhud – Identitas Kebijakan Ekonomi Islam


hobindonesia.id Dalam kajian kitab ini nantinya akan menerangkan tentang ekonomi pancasila dan ekonomi ketuhanan. Dan melalui kitab ini kedepannya mencoba untuk membuka dan mendalami upaya untuk mendeteksi tentang ekonomi yang ada di sebuah negara, khususnya negara ini.

Upaya untuk mendeteksi tentang kebijakan ekonomi islam. Upaya itu Menurut pandangan pengarang kitab adalah percobaan yang harus dilakukan sangat dasar. Dan hal itu dari beberapa sisi, yang paling pentingnya adalah :

1. Poin atas pendapat agama Islam tentang perbedaan persoalan dan masalah ekonomi.
2. Mengetahui tentang posisi agama Islam tentang doktrin-doktrin dan aturan ekonomi yang berbeda-beda yang berlaku.
3. Hukum atas sistem mana-pun di dunia Islam. Sesungguhnya sistem dalam dunia Islam itu mendekati atau menjauhi atas penerapan hukum-hukum Islam yang benar.
4. Sekilas yang menyeluruh tentang intisari ekonomi Islam dan untuk menampakkan karakteristik yang paling penting. Artinya potret secara menyeluruh tentang ekonomi Islam dan menampakkan karakteristik yang paling penting dalam sebuah negara, seperti halnya Indonesia yakni Pancasila.

Baca Juga :Dr. KH. Marsudi Syuhud – Bekerjalah Karena Allah

Selain itu menurut pengarang kitab ini akan merespon tentang kebijakan ekonomi islam. Ketika anda mendapatkan respon seperti itu harus dicek terlebih dahulu. Dengan memakai dasar 3 pilar :

Pertama; menggabungkan antara hukum yang tetap dan yang berkembang atau doktrin-doktrin khusus dan sistem. Artinya hukumnya Allah yang tidak berubah dan ketika diaplikasikan tetap berkembang.

Kedua; mengumpulkan antara dua kemaslahatan yang spesifik dan general atau rekonsiliasi khusus dan berimbang antara kemaslahatan yang bertentangan.

Ketiga; mengumpulkan antara kemaslahatan material dan kebutuhan spiritual.
.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis : Affan A.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *