Dr. KH. Marsudi Syuhud – Inilah, Penyebab Adanya Kekacauan di Suatu Negara


hobindonesia.id Adanya kekacauan dalam suatu negara pasti negara tidak hadir. Artinya kekacauan dalam suatu negara dikarenakan tidak adanya keikutsertaan negara dalam menangani berbagai masalah, hal ini yang menjadi titik utama adalah pemimpin.

Dari penjelasan tersebut nantinya akan mencakup beberapa hal yang sangat penting, salah satunya menjelaskan antara negara dengan kekacauan.

Negara pada prinsipnya adalah untuk menjaga perlindungan. Jadi, jika tidak adanya perlindungan dalam suatu negara berarti negara tidak hadir. Negara prinsipnya adalah aman, kalau tidak ada keamanan berarti negara tidak hadir, negara itu prinsipnya kepercayaan, jika tidak ada kepercayaan antara warga negara dengan pimpinan berarti negara tidak hadir. Negara itu prinsipnya adalah stabilitas, kalau tidak stabil itu artinya negara tidak hadir. Dengan demikian yang menjadi persoalan adalah di pemimpinan.

Selain itu negara prinsipnya adalah aturan. Tapi, jika aturan tersebut tidak bisa ditegakkan, berarti negara tidak hadir. Sebab demikian, pada dasarnya negara itu membangun pikiran-pikiran, membangun ekonomi, dan membangun aturan – aturan.

Oleh karena itu, kalau ada kelompok yang mendorong kekacauan, artinya selalu senang dengan kekacauan itu berarti menjadi lawannya negara. Jika, kekacauan tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh suatu kelompok, berarti negara tidak berjalan atau berfungsi dengan baik. Cara mereka mendoktrinnya yakni, menganggap anarki sebagai kreativitas.

Biasanya tokoh dari orang yang selalu membuat kekacauan menyampaikan di depan publik, bahwa perbuatan yang dilakukan dalam kekacauan adalah untuk membangun suatu negara.

Di samping hal itu, kalau di suatu negara masih ada perbudakan, artinya satu kelompok menguasai kelompok yang lain berarti negara tidak hadir, bisa diartikan juga bahwa pemerintah tidak berfungsi sebagaimana fungsinya.

Pada mulanya, dari ujung selatan sampai dengan ujung barat sudah disatukan dengan teknologi, yang mana menjadikan semua negara menjadi satu kampung dari sekian ratus negara. Namun, yang perlu diingat bahwasannya, nantinya kaum terorisme juga akan menjadi ikut global. Itulah nantinya yang akan menjadi lawan suatu negara.
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *