Dr. KH. Marsudi Syuhud – Jadilah Manusia yang Mempunyai Strategi Planning yang Bagus


hobindonesia.id Sesungguhnya dalam setiap problem ada solusi yang selalu mengikutinya, maka dari itu percayalah apa yang sudah anda kerjakan sekarang adalah buah hasil dari problem -problem yang sudah anda lewati. Sebab di dalam diri manusia ada software dari Allah tentang kelebihan dan kekurangan yang anda miliki. Tapi, pada kenyataannya anda masih belum bisa menemukan itu semua.

Ketika anda ingin melakukan apa saja, anda harus memiliki alternatif lain untuk mengatasi strategi yang sudah anda susun, ketika tidak berhasil.

Selain itu, anda harus bisa memunculkan kemungkinan – kemungkinan yang dapat menghentikan anda dalam merealisasikan tujuan tersebut . Adanya kemungkinan2 tersebut mengharuskan anda untuk memiliki alternatif sebagai pencegahan dari kegagalan.

Dari situlah, kalau pemikiran anda sudah mempunyai strategi planning yang bagus, anda akan bisa mengatasi problem – problem, ketika menjumpai masalah di tengah – tengah jalan. Dan ketika anda sudah terbiasa melakukan seperti itu, mental anda akan terlatih kuat dan anda menjadi orang yang lebih siap dalam mengatasi krisis / problem di masa yang datang.

Tapi, kebanyakan orang tidak bisa berfikir dengan cara – cara di atas. Padahal setiap pemikiran harus ada strategi dan alternatif lain.

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Pentingnya Bersyukur dan Bersabar Dalam Mencapai Kesuksesan

Contohnya, ada siswa SMA mengatakan “aku ingin melanjutkan belajarku di perkuliahan kedokteran, akan tetapi jika tidak lulus maka dìa akan frustasi. dan disanalah ada alternatif yang bisa menjadi pilihan untuknya :
1. Diterima di jurusan lain atau perkuliahan lain.
2. Kemungkinan mengulang tahun depan

Sebab itu kalau anda ingin kuliah di kedokteran, secara otomatis anda harus mempersiapkan pelajaran yang berhubungan dengan ilmu kedokteran, selain itu seharusnya anda mempunyai alternatif selain itu. Setelah anda memiliki alternatif yang lain, selanjutnya tugas anda adalah pelaksanaan. Artinya, ketika sudah ada alternatif lain, hendaknya anda harus action sesuai dengan tujuan anda, dengan begitu langkah demi langkah atau setapak demi setapak akan tercapai. Karena jika semuanya dikerjakan secara langsung atau borongan terasa berat maka lakukanlah secara bertahap.

Dari penjelasan di atas, ada pertanyaan, apa yang anda lakukan dengan planning yang sudah anda rencanakan? Yakni mengevaluasi dalam setiap tahap. Selain itu harus anda scoring. Maka dari itu seharusnya anda setiap hari harus ada evaluasi dalam diri anda, kalau tidak begitu, anda akan merasa tidak punya apa-apa, otak kosong, nantinya anda akan mendapati penyesalan saja.

Pada akhirnya kehidupan anda harus diukur sebaik mungkin setiap harinya, kalau tidak ada seperti itu, anda akan merasa ‘getun’ (kecewa) dikemudian hari. Inilah pentingnya evaluasi dalam setiap proses yang sudah anda jalani.
.
.
~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis : Milati

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *