Dr. KH. Marsudi Syuhud – Keadaan Ekonomi Seseorang Mempengaruhi Perilaku dan Lingkungannya


hobindonesia.id Cabang yang ketiga membahas tentang ‘Karakter Manusia Dan Pemikiran Mereka Dalam Setiap Masyarakat Adalah Produk Dari Keadaan Dan Perkembangan Ekonomi’

Sesungguhnya perkembangan ekonomi itu mempengaruhi karakter dan watak manusia. Artinya anda melihat suatu bangsa itu mudah, ketika bangsanya masih suka dengan kekerasan itu artinya ekonomi belum baik. Mempertahankan masih dengan kekerasan.

1 – Pentingnya kajian ekonomi juga muncul dari sudut lain, yaitu bahwa fitrah manusia dan cara berpikirnya dalam setiap masyarakat merupakan produk dari kondisi ekonomi dan perkembangan ekonominya.

Maka, masyarakat dengan aktivitas pertanian sangat berbeda dari masyarakat dengan aktivitas industri, karena sementara kami menemukan pekerja di bidang pertanian puas dan tunduk saat dia menabur benih dan menunggu ketetapan harga dari faktor cuaca dan hama pertanian, kami menemukan pekerja di industri dengan ambisi berjuang karena dialah yang mengontrol mesin dan produksi (Lihat Dr. Muhammad Hilmi Murad, The Fundamentals of Economics, Bagian I tahun 1961 AD untuk penerbit Nahdet Misr Press, hal. 7).

Faktanya, perbedaan utama antara masyarakat maju dan masyarakat yang bermacam-macam adalah perbedaan ditingkat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

Baca Juga: Dr. KH. Marsudi Syuhud – Undang-Undang Bisa Berubah Karena Berbedanya Kondisi, Waktu Atau Tempat.

2 – Ketika anda mengetahui dampak keadaan dan perkembangan ekonomi dalam menyesuaikan kehidupan masyarakat dan cara berpikir mereka. Namun, anda tidak menerima bahwa itu adalah satu-satunya pengaruh atau yang dominan. Maka, tidak diragukan lagi bahwa kepercayaan yang berlaku di masyarakat, terlepas dari apakah itu surgawi atau duniawi, memiliki peran yang efektif dalam membentuk karakter manusia dan cara berpikir mereka.

Mungkin bukti terbesar dari ini adalah keyakinan Islam, yang dalam waktu singkat dari orang Badui yang berselisih hilang, pemimpin dan penuntun umat manusia adalah yang mengubah sejarah, memperdalam dan mempengaruhi kehidupan.

3 – Marxisme mengacu pada setiap perubahan atau perkembangan pada alat-alat produksi dan kondisi material masyarakat. Juga bahwa Marxisme sendirilah yang memimpin umat manusia dan membentuk masyarakat, menegaskan bahwa bukan persepsi orang yang menentukan atau membatasi mata pencaharian mereka, melainkan tingkat material mereka yang menentukan atau membatasi persepsi mereka.
.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis: Affan Abdillah
#part 37

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *