Dr. KH. Marsudi Syuhud – Kebijakan Ekonomi Islam Itu Mengakui, Memelihara Dan Mendamaikan Kontradiksi Dialektika Sosial


hobindonesia.id Dalam penjelasan yang sekarang adalah tentang ‘Dialektika Kebijakan Ekonomi Islam’, yang mana dalam Kebijakan ekonomi sendiri dalam Islam adalah kebijakan yang komprehensif dan disiplin yang melihat semua aspek manusia dan memperhitungkan semua kebutuhan manusia dan mendamaikannya secara dialektis.

Tetapi ini adalah metode dialektis khusus. Islam mengakui kontradiksi sosial yang ada dalam kehidupan : ketetapan dan perkembangan, kepentingan individu dan kelompok, kepentingan material dan kebutuhan spiritual. Namun, poin utama dari ketidaksepakatan antara Islam dan semua doktrin yang berlaku dan sistem positivis, seperti yang telah kami tunjukkan, adalah bahwa kontradiksi sosial ini dianggap dalam pandangan Islam sebagai negatif dan positif, untuk kerjasama dan integrasi bukan untuk konflik dan pertempuran.

Karenanya, ini bertentangan dengan semua doktrin yang berlaku dan sistem positivis, juga bekerja untuk memelihara kontradiksi ini dan mendamaikannya, bukan untuk menyangkal atau menafikan satu sama lain. Namun, dalam beberapa kasus khusus, yang satu mungkin menang atas yang lain, tetapi untuk sementara dan sebanyak yang diperlukan, untuk memulihkan keseimbangan dan mencapai kerja sama yang diinginkan.

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Doktrin Sistem Ekonomi Sosialis Ter-Ekstrim Terjadi Pada Sahabat Abu Dzar Al-Ghifari

Jika kebijakan ekonomi Islam (seperti yang dijelaskan sebelumnya) mendamaikan semua kepentingan yang bertentangan dengan cara yang mencapai kebaikan publik, menawarkan solusi praktis untuk masalah ekonomi dan dengan demikian untuk masalah perang dan perdamaian. Maka lebih baik kebijakan ini dipandu oleh negara mereka dan ekonomi Islam berkontribusi untuk memecahkan masalah dunia.

Karenanya muncul pentingnya ekonomi Islam dan perannya bagi seluruh dunia.
Jika peran ini belum tercapai selama ini, itu disebabkan oleh kegagalan para sarjana Muslim untuk mengklarifikasi ciri-ciri ekonomi Islam dan menyoroti subjektivitas dan keunggulan kebijakannya.
.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis: Affan Abdillah
#part 48

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *