Dr. KH. Marsudi Syuhud – Kebijakan Ekonomi Islam Termasuk Kebijakan Ketuhanan?


hobindonesia.id Kebijakan Ekonomi Islam Merupakan Kebijakan Ketuhanan jika ditinjau dari segi doktrin dan merupakan model atau dibuat-buat ditinjau dari segi sistem.

Ekonomi islam yang sumber dan acuannya yaitu Allah ta’ala serupa dengan :

1. Dalam deskripsi prinsip-prinsip dan dasar-dasar ekonomi yang telah disebutkan di dalam Al-Quran dan as-Sunnah : seperti Firman Allah ta’laa :“Dan janganlah kalian memakan harta-harta kalian di antara kalian dengan batil” (Al-Baqarah ayat 188), firman Allah ta’ala :”Supaya harta itu tidak beredar di antara orang-orang kaya kalian” (al-Hasyr ayat 7), firman-Nya :“Dan berilah kepada mereka sebagian harta yang telah dikaruniakan-Nya untuk-mu” (an-Nur ayat 33), firman Allah swt. :“Dan di dalam harta-harta mereka ada hak untuk orang-orang yang meminta dan orang yang terhalang” (adz-Dzaariyat ayat 19) dan firman Allah swt. :”Mereka bertanya kepada mu apa yang mereka nafkahkan ?. Katakanlah :’lebih dari keperluan’ “.(al-Baqarah ayat 219)

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Menyatukan Hukum Allah Dengan Keadaan yang Terus Berkembang

Dan seperti ucapan Rasulullah Saw :“Sebaik-baiknya harta yang baik adalah untuk laki-laki yang solih” (HR. Imam Ahmad dalam musnad-nya dan Thabrani di dalam kitab al-Kabiir dan a-Awsaath),hadis :”Diambil dari orang-orang kaya mereka untuk orang-orang miskin mereka” (HR. Bukhari & Muslim), hadis :”Barangsiapa yang memiliki karunia yang lebih, hendaklah ia mengkalkulasi untuk orang yang tidak memiliki bekal” (HR. Muslim di dalam kitab Shohih-nya), hadis :”Orang-orang itu kooperatif dalam tiga hal, yaitu; air, rumput dan api”. Dikatakan :”Garam dan sesutu yang dianalogikan dengannya” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah) dan hadis Nabi :”Barang siapa yang menghidupkan tanah mati, maka itu menjadi milik-nya, dan tidak ada hak bagi muhtajar setelah tiga tahun” (Lihatlah buku al-kharaj karya Yahya bin Adam).

Prinsip-prinsip ini dan dasar-dasar ekonomi yang telah disebutkan dalam teks-teks al-Quran dan as-Sunnah adalah terbatas dan umum. Dan dari sana-lah, Islam sungguh telah mewajibkan ijtihad dalam menjalankannya dan menyesuaikan implementasinya sesuai dengan berbeda-bedanya keadaan waktu dan tempat.

Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.
.
.
.
Penulis : Affan A.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *