Dr. KH. Marsudi Syuhud – Kegagalan Merupakan Awal Dari Sebuah Keberhasilan


hobindonesia.id Setiap manusia pasti akan memiliki rasa takut dalam hidup, ketika akan melakukan sesuatu yang dianggapnya ‘baru’. Apalagi dilatar belakangi oleh rasa kegagalan maka dipastikan anda akan takut ketika akan memulai sesuatu tersebut. Akan tetapi tidak semua hal yang akan anda lakukan menjadi sebuah kegagalan yang terulang. Sebab kegagalan merupakan awal dari sebuah keberhasilan.

Ketika anda merasa takut yang berlebihan sebenarnya itu akan membuat diri anda sendiri menjadi tidak baik dan tidak dapat bersosialisasi dengan orang lain.

Kehidupan itu diibaratkan dalam mengendarai sebuah mobil. Jika kita ingin melaju dengan cepat maka anda harus menginjak gas pada mobil agar melaju dengan cepat tapi resiko akan sangat berat kemungkinan dapat menyebabkan kecelakaan dalam berlalu lintas, dan jika anda ingin melaju dengan lambat dan berhati-hati agar tidak terjadi apapun diperjalanan, maka anda harus menginjak rem pada mobil agar melaju sesuai dengan yang anda inginkan, tapi resiko anda akan tertinggal dan mungkin tidak akan terjadi apapun karena anda menginjak rem terlalu lama sehingga membuatnya melaju sangat lambat.

Nah, rem-rem ini merupakan bentuk kehati-hatian dalam hidup anda, akan tetapi terlalu berhati-hati dalam kehidupan itu akan mendekatkan anda pada rasa ketakutan yang akan menghambat segalanya.

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Man Jadda Wajada

Manusia itu adalah predator karna didalam hidupnya dalam fikirannya orang ini merasa takut yang berkelebihan sehingga menghambat kehidupannya. Begitupun orang yang takut berkomunikasi dengan orang lain dikarenakan rasa ketakutan sehingga dia tidak akan maju, mudah dipengaruhi dan dapat mempengaruhi orang lain.

Jika, anda terlalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu maka dipastikan tidak akan terjadi apapun karena disebabkan rasa takut. Keuntungan anda mempunyai rasa takut dan kehati-hatian yang berlebihan akan memberikan dampak yang buruk/negatif.

Dengan begitu suatu pengalaman negatif yang diceritakan oleh seseorang kepada orang lain dapat mempengaruhi orang yang mendengarkannya, padahal setiap apa yang terjadi pada seseorang tidak akan sama dengan apa yang terjadi dengan diri anda.

Bisa disimpulkan, bahwasannya rasa takut yang berlebihan akan menjadi pemicu terhambatnya kemajuan hidup anda dan rentan akan kegagalan yang terjadi. Maka dari itu anda harus bisa menempatkan segala rasa dan segala sesuatu yang berlebihan pada tempatnya.
.
.
~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Oleh : Isna Mulani Atihi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *