Dr. KH. Marsudi Syuhud – Konsep Kepentingan Antara Perspektif Negara Dan Perspektif Kelompok Tidaklah Sama


hobindonesia.id Kepentingan dalam pandangan negara adalah kepentingan umum yang dianggap mencapai kepentingan bangsa dan kepentingan semua putra bangsa. Bukan kepentingan pribadi yang menguntungkan sebagian individu dengan mengorbankan sebagian kelompok atau pihak, dengan mengorbankan sebagian atau dengan mengorbankan bangsa itu sendiri.

Adapun kepentingan dalam pandangan kelompok adalah kepentingan yang mencapai kepentingan kelompok atau partai. Sebaliknya hal tersebut mungkin sudah mencapai ekstrim. Jadi kepentingan di sisi mereka adalah kepentingan yang mencapai kepentingan pimpinan kelompok atau kelompok partai. Bahkan jika dengan mengorbankan anggota kelompok atau kelompok anggota partai lainnya, maka kelompok tersebut dapat mengorbankan sebagian anggotanya atau mengorbankan mereka yang berafiliasi dengannya demi kepentingan kelompok, terutama karena pengorbanan ini tidak dapat dilakukan oleh pimpinan atau anak-anak mereka kecuali dalam kaitannya dengan konflik, persaingan dan proses pengucilan dan kontra-pengucilan di antara para pemimpin ini dalam upaya mereka untuk merebut rampasan. Tetapi pengorbanan selalu berada di urutan terbelakang dalam kelompok.

Dan terkadang kelompok mengorbankan kepentingan nasional tertinggi jika berbenturan dengan kepentingannya sendiri. Memang banyak kelompok yang meyakini bahwa segala sesuatu yang memperkuat negara adalah bukan untuk kepentingan kelompok, dan bahwa tidak ada tempat bagi kelompok manapun dalam naungan suatu negara yang kuat, kohesif dan saling berhubungan. Dan dalam pandangan mereka, mereka harus bekerja untuk melemahkan negara sehingga kelompok tersebut mampu penuh.
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 32

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *