Dr. KH. Marsudi Syuhud – Manusia Merupakan Makhluk Paling Sempurna


hobindonesia.id Kehidupan seseorang harus mempunyai rasa optimis, sebab dengan optimis anda akan menemukan apa yang akan anda inginkan. Percaya diri selalu membuat anda bersyukur atas apa yang sudah anda terima. Syaratnya adalah anda bisa menerima diri anda sendiri, artinya tidak mempunyai perasaan yang inferior, tidak minder karena kekuranagan anda. Jaikan percaya diri sebagai pedoman hiudup di diri anda, dan rata-rata orang kebanyakan minder, penyebabnya-pun macam-macam, mulai dari anda kuliah D3 ketemu S1 jadianya, minder, kuliah S1 ketemu S2 minder dan seterusnya. Be optimistic

Menciptakan masa depan, bisa anda mulai dengan menemukan sesuatu yang menjadikan faktor utama dalam mencapai kesusksesan. Sebelum itu, anda semua hendaknya harus bisa menemukan kemampuan anda yang tidak terbatas. Artinya, Allah memberikan banyak kemungkinan kepada diri anda yang tidak terbatas. Kamu bisa menerima keadaan seperti itu dengan apa adanya, dengan tujuan anda mempunyai rasa percaya diri. Dan yang menjadi persoalan sekarang adalah, orang rata-rata sudah inferior dan tidak percaya diri karena dari kampung, dari orang tua yang tidak mampu. Dan semua itu harus kita hilangkan terlebih dahulu.

Di samping itu, Ketika ada orang lain meremehkan anda, hendaknya anda ingat, dan berkata dalam hati anda, tidak harus perlu diucapkan dimulut! cukup dalam hati saja, kalau nantinya diucapkan dari mulut jadinya timbul sifat sombong. Katakan “Sesungguhnya Anda itu Makhluk Ciptaan Allah yang Paling Baik” dan kejadian yang seperti ini akan terjadi di diri anda masing-masing.

Sebagaimana yang disampaikan oleh seseorang pepatah inggris “pukulan yang tidak membunuhku, maka menguatkanku” jadi, ketika anda diserang oleh seseorang, sebenernya itu akan menguatkan anda. Karena pohon makin tinggi akan terkena angin semakin keras, maka orang makin tinggi derajatnya akan lebih dahsyat serangannya. Tapi, bonus untuk diri anda yang diserang adalah cukup mendoakan saja ‘semoga orang yang sudah menjelakkan saya bisa menghapus dosa-dosa saya’. Karena pada hakikatnya orang yang sudah benci pada diri anda akan melakukan segala hal untuk menghabisi diri anda. Ketika, organisasi lain meremahkan anda, kelompok lain meremehka anda, dalam hati anda cukup berbicara “pukulan yang tidak membunuhku, maka menguatkanku”. Jadikan itu pedoman anda.

 

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud : Tiga Hal Yang Menghambat Kesuksesan

 

Di sisi lain, ketika, ada orang yang ingin mempengaruhi anda dengan hal positif maupun negatif, anda bisa berpengaruh pada orang tersebut, ketika anda mau dipengaruhi. Begitupun sebaliknya, kalua anda tidak mau dipengaruhi tidak akan berpengaruh pada hal tersebut. Artinya seluruh pengaruh yang masuk pada diri anda tergantung pada izin anda sendiri. Ole karena itu, sesungguhnya orang hebat itu mempengruhi bukan dipengaruhi.

Kalau ada seseorang yang membuat suatu perasaan kepada anda, perasaan itu tidak akan timbul kecuali dengan izinmu sendiri. Tidak perlu berpengaruh atau tidak berpengaruh, tapi kalua bisa mempengaruhi. Maka pengaruh eksternal mana saja yang akan mempengruhi diri anda itu akan tergantung pada izin diri anda sendiri. Contoh saja seperti iklan, yang mempunyai tujuan mempengaruhi banyak orang. Jadi, anda hidup di zaman sekarang itu jangan seperti iklan, tapi karena anda ingin sesuatu atas kehendak diri anda sendiri.

Keinginan dan pikiran anda akan selalu menyelimuti anda setiap ingin mengambil keputusan. Di sisi lain, yang menaruh perasaan anda sedih dan senang, itu adalah diri anda sendiri. Kita hidup always happy, it’s about your feeling. Oleh karena itu, kunci untuk terus senang dalam menjalani kehidupan sehari-hari adalah sabar, dengan modal otak anda harus dikendalikan dalam setiap ambil keputusan. Sebab semua orang mempunyai perasaan yang berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan itulah anda dituntut utuk bisa menyelesaikan masalah dengan cara menemukan setiap solusi yang bisa mengatasinya.

Perasaan yang ada di diri anda akan selalu mempengaruhi reaksi anda. Mulai dari senyum, marah itu timbulnya tergantung pada perasaan di diri anda pada saat itu. Perasaan akan menciptakan reaksi. Ketika anda bisa mengontrol ‘pengaruh’ atas sebab segala hal. Disitulah nantinya, kesadaran akan timbul.

Sesunggunya seseorang yang meremehkan anda, cukup bicara dalam hati “nanti kamu akan membutuhkan saya” inilah yang nantinya disebut dengan hukum alam. Siapa saja yang mempunyai tujuan dan keinginan harus bisa menjalankan dengan nyata, meskipun awalnya cuma sekedar lamunan-lamunan saja, tapi kalua ada kerja nyata, akan menjadi bukti real.

Ada salah satu cerita, mahasiswa bernama roger benstrems, yang menjadi juara dunia lari 100 meter. Ada salah satu mahasiswa lain bertanya ‘apakah anda tahu, bahwa ada orang mampu lari 1 mil dengan waktu 4 menit, ketika pada waktu itu masih belum ada orang yang bisa lari dengan jarak tersebut.’ Ketika itulah saling meremehkan, ‘tidak mungkin ada orang bisa lari secepat itu,’ Kesimpulannya yakni kemampuan itu tergantung pada latihan kita. Maka jangan terburu-buru mengatakan ‘aku tidak bisa’. Rata-rata orang gagal seperti itu. Belum melakukan dan mencoba anda sudah terburu-buruh tidak optimis pada kemampuan anda sendiri. Padahal letak kesuksesan anda terletak pada seberapa anda bisa optimis dalam menghadapi setiap masalah yang ada.

~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *