Dr. KH. Marsudi Syuhud- Melihat Sistem Ekonomi Islam Tidak Hanya Pada Satu Zaman


hobindonesia.id Ekonomi ketuhanan itu mengakui dua model kepemilikan, tidak hanya ekonomi gotong royong saja, tetapi juga termasuk pada ekonomi kebersamaan, yang mana tetap mengakui ekonomi individu. Dan perbedaan antara keduanya, terdapat pada cara penerapannya saja.
ليس في الاقتصاد الاسلمي نظام معين يلتزم به كل مجتمع اسلا مي

Sistem ekonomi islam adalah sistemnya banyak. Maka dengan adanya pengertian tersebut bahwa sistem ekonomi ketuhanan tidak tetap cuma satu saja prinsip saja. Artinya ketika diterapkan pada negara pancasila akan beda – beda. Maka ketika demikian, hukum tuhannya satu. Tapi, di dalam penerapannya bisa berbeda dan dalam pengaplikasianya-pun juga berbeda.

Ketika kembali kepada sistem ekonomi zaman khulafaur rasyidin adalah sebuah kesalahan. Sebab sistem yang diterapkan termasuk implementasi yang sebenarnya dari ekonomi islam.

بالعودة الي النظام الاقتصادي ايام الختلفاء الرشدين

Dengan tujuan agar tidak monoton. Maka demikian, dalam penerapannya bukan cuma dalam satu model saja. Dengan begitu, salah ketika kembali kepada ekonomi islam di zaman khulafaur rasyidin. Secara sistemnya sama tetapi dalam penerapannya berbeda. Jadi, tidak semua di zaman itu tidak bisa dicopy secara keseluruhan di zaman sekarang. Artinya ketika ada seseorang yang mempercayai bahwa “sistem ekonomi islam itu sama dengan di zaman khulafaur rasyidin” itu salah.

Pembahasan yang kedua terkait, bahwa dari watak perbedaan sistem ekonomi ketuhanan. Secara garis besarnya yang berbeda adalah dalam penerapan cabang – cabang dan detailnya. Perbedaannya terletak pada ketika melaksanakan secara detail. Sebab itu semuanya berasal dari sumber yang sama yakni al-qur’an dan as sunnah.

(تغير الاحكام بتغير الازمنة والامكنة) “Hukum bisa berubah ketika berbedanya waktu dan tempat” ketika berbeda dalam pengaplikasiannya itu berasal dari keragaman. Intinya jangan gegabah membandingkan antara hukum – hukum yang ada sekarang dengan zaman dahulu.

Baca Juga : Dr. KH. Marsyudi Syuhud – Jadilah Santri yang Percaya Diri dan Berani

Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *