Dr. KH. Marsudi Syuhud – Memelihara Jiwa Manusia Merupakan Nilai Dan Prinsip Kemanusiaan


hobindonesia.id(Allah Swt) yang maha benar telah memuliakan manusia atas pembebasan kemanusiaannya tanpa membedakan antara manusia. Demikian Dia (Allah yang maha mulia dan maha Agung) berfirman :
وَلَقَدۡ كَرَّمۡنَا بَنِیۤ ءَادَمَ
Artinya :“Dan sesungguhnya Kami telah muliakan anak-anak Adam”(Surat al-Isra’, ayat 70).

Hukum surgawi sepakat pada sejumlah besar nilai dan prinsip kemanusiaan. Sebagian dari yang paling pentingnya adalah : memelihara jiwa manusia. Dia (Allah yang maha Tinggi) berfirman :
أَنَّهُۥ مَنْ قَتَلَ نَفۡسَۢا بِغَیۡرِ نَفۡسٍ أَوۡ فَسَادٍ فِی ٱلۡأَرۡضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ ٱلنَّاسَ جَمِیعًا وَمَنۡ أَحۡیَاهَا فَكَأَنَّمَاۤ أَحۡیَا ٱلنَّاسَ جَمِیعًاۚ
Artinya :“Bahwa : barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”(Surat a-Maidah, ayat 32).
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 57

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *