Dr. KH. Marsudi Syuhud – Mendukung Institusi Militer Dalam Menjaga Tanah Air Merupakan Tuntutan Agamis Dan Tuntutan Nasionalis


hobindonesia.id Pada pertemuan kali ini membahas tentang masalah atau hal kedua dan hal ketiga yang termasuk bagian dari hal-hal terpenting yang menyebabkan runtuhnya negara. Hal kedua yang dimaksud yaitu : maraknya ketidakadilan, baik pada tingkat individu dengan tidak adanya keamanan atau tidak adanya peradilan yang adil atau tidak adanya keadilan dalam mendapatkan pemaksaan yang setara dalam bentuk apapun. Atau pada tingkat kelas yang didasarkan pada memperbudak orang miskin dan pekerja keras dan meminggirkan mereka dengan penghinaan dan meremehkan mereka.

Dibutuhkan kolaborasi dari semua lembaga resmi, sosial dan sipil untuk melindungi kelas yang paling miskin dan membutuhkan melalui kepedulian sosial yang terintegrasi dari perspektif agama dan nasional, yang keduanya menuntut solidaritas dan kasih sayang. Kami berada dalam satu kapal, dan tidak ada pelarian bagi siapa pun sendirian. Sebagaimana Nabi kita Muhammad Saw bersabda :
مَثَلُ الْقَائِمِ عَلَى حُدُوْدِ اللّٰهِ وَالْوَاقِعِ فِيهَا كَمَثَلِ قَوْمٍ اسْتَهَمُوا عَلَى سَفِينَةٍ فَأَصَابَ بَعْضُهُمْ أَعْلَاهَا وَبَعْضُهُمْ أَسْفَلَهَا فَكَانَ الَّذِينَ فِي أَسْفَلِهَا إِذَا اسْتَقَوا مِنَ الْمَاءِ مَرُّوا عَلَى مَنْ فَوْقَهُمْ فَقَالُوا : لَوْ أَنَّا خَرَقْنَا فِي نَصِيبِنَا خَرْقًا وَلَمْ نُؤْذِ مَنْ فَوْقَنَا، فَإِنْ يَتْرُكُوهُمْ وَمَا أَرَادُوا هَلَكُوا جَمِيعًا، وَإِنْ أَخَذُوا عَلَى أَيْديهِمْ نَجَوْا وَ نَجَوْا جَمِيعًا
Artinya :”Perumpamaan orang yang menegakkan hukum-hukum Allah dan menegakkan kebenarannya itu seperti kaum yang berpartisipasi di atas kapal. Sebagian dari mereka singgah di atas dan sebagian yang lain di bawah, kemudian orang-orang yang di bawahnya ketika mereka mendapatkan air yang diturunkan, maka mereka lari ke orang yang di atas mereka. Lalu mereka berkata :”Seandainya kita melubangi pada bagian kita dengan sebuah lubang dan kita tidak merugikan orang yang di atas kita”. Jadi, jika mereka membiarkannya dan membiarkan apa yang mereka inginkan, niscaya binasa semua. Dan jika Mereka mengambil dengan tangan mereka, maka mereka selamat dan selamat semuanya”(Shohih Bukhari : Kitab asy-Syirkah, Bab Hal Yuqro’u fil Qismati wal Istihaami fiyhi, Nomor : 2493. Dan Musnad Ahmad : 20/40, Nomor : 18858).

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Merebaknya Korupsi Menjadi Salah Satu Penyebab Keruntuhan Negeri

Selanjutnya pada hal ketiga : kurangnya keamanan, lemahnya otoritas negara, dan munculnya geng, kelompok atau milisi yang memaksakan kewenangannya kepada masyarakat atau sebagian warga negara, yang membuat mereka yang tertindas kehilangan kesetiaan kepada negara. Oleh karena itu, mendukung institusi militer dan keamanan untuk menjaga tanah air dari bahaya yang dihadapi di dalam dan di luar negeri merupakan tuntutan agamais dan tuntutan nasionalis, asalkan keamanan warga negara dan menjaga martabatnya menjadi prioritas bagi rezim yang mencari stabilitas dan mencapai kesetiaan dan kepemilikan nasional.
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 20

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *