Dr. KH. Marsudi Syuhud – Menggunakan Waktu yang Produktif

hobindonesia.id Menemukan sesuatu yang membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain adalah salah satu permulaan dari suatu perubahan, sebab ketika anda menemukan kemampuan yang ada dalam diri anda, disitulah letak rasa optimis anda.

Menciptakan masa depan dengan membangkitkan kemampuan menjadi syarat utama dalam meraih kesuksesan. Sebab orang hidup harus bisa menemukan sesuatu, karena disitulah letak kemampuan yang ada di diri anda tanpa batas, dan ‘menemukan’ sebenarnya tidaklah mudah. Sebab apa yang akan anda temukan adalah sesuatu yang masih abstrak, yang belum sesuai dengan diri anda. Apa yang anda capai kedepannya harus anda temukan terlebih dahulu, maka demikian anda jangan terlena dengan sebuah proses.

Pengarang kitab menyampaikan kunci hidup di dunia ini hanya cukup satu kata saja, “Temukan” semua yang akan anda capai nantinya, akan menentukan masa depan anda sendiri. Suatu ketika, ada orang tua, yang bilang kepada anaknya ‘hai anakku, kamu bicara banyak sekali dan kemauanmu banyak sekali, tapi, rasa kemauanmu tidak di iringi dengan sebuah usaha. Dari situlah realitas yang terjadi sekarang, orang terlalu banyak kemauan tanpa adanya usaha dan biasanya orang yang terlalu banyak bicara, cara pengaplikasiannya sangat sedikit. Di sisi lain pengarang kitab ini, untuk menemukan kata kunci yang anda ingini, anda sukai, membutuhkan waktu hampir 3 tahun .

Sesungguhnya kalau anda sampai sekarang belum menemukan kemampuan yang ada di dalam diri anda, segera temukan dan cari. Sebab tanpa adanya itu, diri anda tidak akan ada perubahan.

Kembangkan dan terus temukan apa kemampuan yang ada di dalam diri anda. Mulailah dengan apa yang anda sukai terlebih dahulu. Di samping itu, ketika anda tidak bisa menemukan apa- apa yang ada di dalam diri anda, maka anda bisa di sebut orang yang fanatik, orang yang tidak pernah berubah. Kalua sekarang anda tidak menggunakan waktu anda untuk menemukan kemampuan anda dengan sebaik mungkin, anda juga bisa disebut sebagai orang yang rugi,

Baca Juga :Dr. KH. Marsudi Syuhud – Manusia Merupakan Makhluk Paling Sempurna

Perbedaan yang ada di dalam setiap individu, terdapat pada bagaiaman anda sekarang menemukan apa yang ada di dalam diri anda. Berbicara lebih lanjut tentang “menemukan” keinginan apa yang anda ingini di masa depan, dengan berusaha semaksimal mungkin, bisa di mulai dari sekarang.

Dengan begitu, sesuatu yang penting adalah permulaan dari sebuah perubahan. Memperbaiki cara berfikir dan selalu optimis untuk mencapai suatu perubahan. Sebab perkembangan yang ada di dalam diri anda selalu mengikuti arus. Dan pada akhirnya kemajuan dan keinginan akan selalu ditompang dengan kemampuan yang sudah anda temukan. Kalua ingin jadi orang sukses pastinya anda akan menemukan terlebih dahulu. Sebab tidak ada kemajuan atau sukses di diri anda tanpa “menemukan”.

Di samping itu, Sesungguhnya Allah Swt sudah memberikan kemampuan kepada anda semua, yang tanpa terbatas. Jadi, anda semua sebenarnya sudah mempunyai kemampuan yang tidak terbatas. Tapi, anda masih belum bisa menggunakannya dengan baik. Kemampuan itu wajib di gunakan, dan pastinya ada sebuah tantangan yang harus anda lalui. Tanpa adanya tantangan di kehidupan anda, hidup anda tidak akan ada perubahan. Sebab semakin banyak tantangan yang ada di dalam diri anda, perubahan demi perubahan akan selalu hadir di diri anda. Dan itu akan membuat anda mencapai sebuah kesempurnaan.

Adanya tantangan, jangan sampai diabaikan. Karena orang hidup akan selalu menghadapai sebuah tantangan, yang nantinya anda akan belajar dari sebuah tantangan tersebut. Jadikan tantangan sebagai peluang untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Sesungguhnya kalau ada orang untuk mencapi kesukseesan dengan mudah tanpa adanya tantangan, nantinya dia akan mudah depresi. Yang mana tidak seimbang dengan usaha. Artinya, akan merasa kuwalahan atau terbebani dalam menjalani sebuah proses, yang mana tidak pernah menghadapai hal-hal yang belum pernah ia hadapi, cara- cara dan solusi untuk menyelesaikan masalah ia tidak pernah temukan dalam prosesnya, dari situlah depresi hadir.

Contohnya, lihatlah orang yang ada di sekelilingmu anda, ada orang kaya yang tidak pernah merasa lelah dalam mendapatkan kekayaannya. Artinya, banyak orang kaya, tapi kekayaanya tersebut berasal dari kedua orang tuanya (warisan). Maka dari itu, ada salah satu syairnya Imam syafi’i yang berbunyi “orang tanpa susah payah, itu hanya menyia-yiakan umur saja, sebab demikian yang baik anda jadi orang hebat tapi anda mengetahui susahnya,

Dengan kadar kesungguhan anda, maka anda akan mendapatkan ketinggian derajat. Kalau anda sekarang sungguh-sungguh dalam prosesnya, gunakan umurmu dengan sebaik mungkin. Dan gunakan waktumu sebaik mungkin. Jangan menyia-nyiakan waktu. Dari situlah letak kesuksesan anda di raih. Semoga anda termasuk dalam orang yang tidak menyia-nyiakan waktu, dan nantinya anda semua bisa meraih kesuksesan. Amin

~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *