Dr. KH. Marsudi Syuhud – Menyatukan Hukum Allah Dengan Keadaan yang Terus Berkembang


hobindonesia.id Kebijakan ekonomi islam merupakan sebuah kebijakan ketuhanan ditinjau dari segi asal-usulnya dan merupakan kebijakan model ditinjau dari segi penerapannya.

Maksudnya adalah bahwa sesungguhnya kebijakan ekonomi islam adalah “kebijakan yang tetap” yang dalam waktu yang bersamaan juga merupakan “kebijakan yang berkembang”. Satu sisi hukum referensi dari Allah itu tidak berubah, tapi yang berubah dan berkembang adalah keadaannya. Makanya hukum terus berkembang.

A) kebijkan yang tetap; yaitu ditinjau dari segi asal-usulnya adalah kebijakan ekonomi yang telah disebutkan dalam teks-teks Al-Quran dan as-Sunnah. Maka, kebijakan ini tidak menerima untuk dirubah atau diganti yang didipatuhi orang-orang Islam di setiap waktu dan tempat. Apapun pandangannya tentang bentuk-bentuk produksi yang mengatur atau ukuran perkembangan masyarakat. Kebijakan ini yang kami ungkapankan dengan istilah “doktrin ekonomi islam”.

B). Kebijakan yang berkembang; yaitu ditinjau dari segi perincian pelaksanaan dasar-dasar ini dengan kebijakan yang sesuai dengan keadaan waktu dan tempat. Oleh sebab itu, berjumlah banyak atau berbeda penerapannya dalam islam sebab berbeda-bedanya masyarakat. Kebijakan ini yang kami ungkapan dengan istilah “sistem-sistem atau sistem ekonomi islam”.

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Identitas Kebijakan Ekonomi Islam

Penjelasan diatas bisa disimpulkan. Pertama, kebijakan ekonomi islam merupakan ekonomi “ketuhanan” dilihat dari segi doktrin. Dan merupakan “model/dibuat-buat” dari segi sistem atau penerapannnya.

Kedua, doktrin ekonomi islam adalah benar pada setiap waktu dan tempat. Maka, tidak ada hubungannya dengan periode ke-sejarah-an tertentu.

Ketiga, sistem-sistem ekonomi islam adalah berbeda-beda sesuai dengan berbeda-bedanya waktu dan tempat. Maka, tidak terbatas pada sebuah kebiasaan penerapan tertentu.
.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis : Affan A.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *