Dr. KH. Marsudi Syuhud – Orang Hebat Berawal dari Visi yang Luas


hobindonesia.id Kehidupan setiap manusia harus dilandasi dengan pandangan yang sesuai dengan visi untuk mencapai masa depan yang diinginkan. Dengan ditompang keinginan dan niat yang kuat.

Mempunyai tujuan yang besar nantinya sudah menjadi keingian setiap manusia, tugas anda sekarang adalah menjadikan sebuah visi menjadi realitas. Dengan menemukan jalan yang sesuai dengan kemampuan dan niat anda.

Sebelum anda menemukan pandangan dan visi hidup yang luas, anda harus mengetahui apa itu jalan lurus, artinya ‘keyakinanmu harus kuat untuk mencapai tujuan akhir, niatmu jangan berbelok arah ketika anda sedang dalam perjalanan untuk mencapai suatu tujuan, lurus saja telebih dahulu’. Contohnya dalam kehidupan sehari hari yakni ketika anda saat ini masih mencari ilmu pengetahuan, kalau niatnya belajar jangan sampai setengah – setengah, selesaikan sama selesai.

Selain menentukan tujuan, anda juga harus mempunyai landasan dengan selalu optimis dalam melakukan kebaikan, dengan begitu maka anda akan mendapatkan tujuan yang di inginkan.

Maka dari itu membuat suatu tujuan itu, seakan – akan menjadi sebuah prasangka yang harus terus diasah dengan mempunyai landasan optimis yang besar. Sebab hanya orang pesimis yang tidak akan jadi orang hebat.

Selaras dengan hal tersebut, maka ketika anda belajar di Pesantren, itu artinya anda sudah mempunyai network yang luas, mempunyai network yang sangat besar, maka dari itu sesungguhnya anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Kalau anda sudah niat, percaya kepada Allah. Dan Selalu tawakal, selain itu seseorang harus berpegang teguh pada sabar. Sedangkan sabar itu ada 3 kategori :

1) Sabar dalam melaksanakan taat kepada Allah,
2) Sabar untuk menjauhi maksiat, dan meninggalkan larangan-larangan oleh Allah.
3) Dan sabar dalam menerima takdir Allah

Baca Juga: Dr. KH. Marsudi Syuhud – Optimis Menatap Masa Depan

Menentukan tujuan awal dan selalu optimis pada tujuan tersebut sangat penting bagi anda yang masih mencari jati diri yang sebenernya. Dan memang terkadang anda tergoyang pada keinginan yang sudah dicapai oleh orang lain. Tapi, tetaplah anda istiqomah dan optimis pada tujuan yang sudah ada tentukan.

Selain anda harus menentukan tujuan dan selalu optimis, anda juga harus mempersiapkan segala hal yang harus dilewati kedepannya.

Anda harus yakin, bahwasanya persiapan anda saat ini sudah tepat dan benar, dan di dalam diri anda harus sudah mempunyai niat seperti ini ‘saya sudah siap, saya sudah siapa, dan saya sudah siap’. Artinya selain siap anda harus mempunyai mental yang kuat.

Untuk melakukan itu semua anda harus memahami secara keseluruhan, bukan cuma ikut-ikutan saja. Dengan berbekal pada skill yang anda punyai sekarang.

Salah satu syarat mengembangkan diri dan memperbanyak pengtahuan adalah dengan membaca, bisa anda lakukan minimal 20 menit setiap hari, dan bukan Cuma itu saja, melainkan anda juga harus datang pada diskusi – diskusi yang di adakan oleh setiap organisasi.

Jadikan setiap tempat menjadi universitasmu, artinya anda bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Salah satunya, Jadikan mobilmu sebagai universitas, ketika dalam mobil berarti harus ada kebutuhan – kebutuhan yang anda butuhkan untuk mencapai tujuan yang anda inginkan.

Sesungguhnya pengetahuan adalah kekuatan. Contohnya ketika anda mampu membuat benda kecil, seperti halnya perangkat tikus, dan tetanggamu tidak tau apa kegunaannya, orang lain akan datang pada anda. Karena hal kecil tersebut membawa manfaat bagi lingkunganmu.

Kesimpulannya tentukan skillmu mulai dari sekarang, temukan jati dirimu yang sesungguhnya, dan selalu melakukan apa saja dengan pikiran yang positif.

~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *