Dr. KH. Marsudi Syuhud – Pengusaha dan Lembaga Masyarakat Sipil Memiliki Peran Krusial Dalam Menciptakan Keseimbangan Ekonomi


hobindonesia.id Pada pertemuan kali ini membahas tentang masalah atau hal keempat dan hal kelima yang termasuk bagian dari hal-hal terpenting yang menyebabkan runtuhnya negara. Hal keempat tersebut adalah : kemerosotan nilai. Bangsa yang tidak dibangun di atas nilai dan moral akan menanggung faktor kejatuhannya pada dasar kebangkitan dan fondasi bangunannya, seperti halnya peradabannya mungkin melemah, layu atau sakit, padahal dokter mereka adalah ilmuwan, cendekiawan, filsuf, pelindung nilai dan para sarjananya.

Dari penjelasan di atas, sangat penting untuk memilih mereka dengan baik, mempersiapkan mereka, memenuhi syarat dan merawat mereka dengan baik untuk tugas-tugas berat yang dipercayakan kepada mereka. Itulah usaha yang kami (pengarang kitab) kerjakan dan kami (pengarang kitab) bekerja keras untuk mencapainya dalam realitas Mesir saat ini.

Baca Juga: Dr. KH. Marsudi Syuhud – Mendukung Institusi Militer Dalam Menjaga Tanah Air Merupakan Tuntutan Agamis Dan Tuntutan Nasionalis

Sedangkan hal kelima atau yang terakhir yaitu : memburuknya kondisi kehidupan individu dengan cara yang melanggar kebutuhan dasar mereka, beserta kebutuhan individu untuk menghargai kondisi dan tantangan yang dialami tanah air-nya, dan ditambah kita ingat bahwa sahabat Nabi Muhammad Saw bersabar terhadap blokade ekonomi sampai mereka memakan daun pohon akibat parahnya kelaparan. Untuk itu menuntut kita semua untuk bekerja mematahkan semua warna pengepungan dan pembatasan, dengan kerja dan produksi, keseriusan dan ketekunan, solidaritas sosial yang baik, merawat orang-orang yang lemah dan orang-orang yang terpinggirkan, memukul dengan tangan besi pada tangan orang-orang yang berlebihan dan para pelaku monopoli, dan dengan tindakan yang baik. Kita membutuhkan kerja tanpa lelah, pengeluaran tanpa pemborosan, solidaritas dan kasih sayang di antara anggota masyarakat dengan cara yang membawa kita semua kepada keselamatan, dan tidak diragukan lagi bahwa pengusaha dan lembaga masyarakat sipil memiliki peran krusial dalam menciptakan keseimbangan dan memenuhi kebutuhan dasar bagi orang-orang yang membutuhkan.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 21

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *