Dr. KH. Marsudi Syuhud – Peningkatan Material Harus Dibarengi Dengan Peningkatan Spiritual


hobindonesia.id Melanjutkan pembahasan yang sebelumnya pada bagian Ke empat menjelaskan tentang ‘Kemajuan Material Dan Spiritual Seseorang Tergantung Pada Kondisi Ekonominya’.

3 – Pentingnya ekonomi telah berkembang di era sekarang, hingga masalah peningkatan dan kemajuan manusia menjadi masalah keterbelakangan atau pembangunan ekonomi.

Namun, jika tujuan setiap masyarakat adalah kebaikan dan kemajuan, maka kita harus menyadari bahwa kemajuan harus lengkap di sisi material dan spiritual, dengan kata lain, di sisi ekonomi dan agama. Perhatian di satu sisi tanpa yang lain, akan mengarah pada kekacauan dan kerusuhan dalam kehidupan individu dan masyarakat.

Anda harus mempelajari ilmu ekonomi, sebab kemajuan individu itu harus dengan dua hal, yakni secara materi dan rohani dilakukan secara bersamaan.

Sehubungan dengan hal ini, pengarang kitab ingin mengutip beberapa paragraf dari ceramah berharga yang diberikan dalam bahasa Prancis oleh pemikir Islam Prancis Raja Jaroudi pada tanggal 1 Rajab 1406 H, bertepatan dengan 11 Maret 1986 M, di Riyadh dalam kegiatan Yayasan Amal Raja Faisal yang berjudul ”Bagaimana Saya Menjadi Muslim“:

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Materi Saja Tanpa Dibarengi Keimanan, Tidak Cukup Untuk Kebaikan Masyarakat !!!

“Dunia ketiga sedang sekarat karena kekurangan sarana, sedangkan dunia kapitalis barat dan sosialis timur mati karena ketiadaan tujuan”.

“Ilmu pengetahuan modern dan teknologinya telah menempatkan energi raksasa di tangan kurcaci yang korup dan tersesat. Maka, mengeksploitasinya adalah untuk memenuhi hasratnya akan kekuasaan, kesenangan, dan pertumbuhan material. Mengancam hak-hak mayoritas untuk dihancurkankan oleh kelaparan, kemiskinan dan penderitaan, yang mengakibatkan pada apa yang kita sebut hari ini kedamaian yang usang atau keseimbangan berdasarkan teror yang dapat menyebabkan dua negara adidaya yang berlawanan memusnahkan seluruh dunia”.

“Jutaan dari orang yang memiliki niat tulus di seluruh dunia dengan cemas mencari makna di malam yang gelap ini dalam kehidupan mereka, kematian mereka dan sejarah kerjasama mereka. Untuk semua ini, Islam dapat membawa cahaya yang menuntun ke jalan yang lurus ke mana Allah membimbing para hamba-Nya. Maka, hanya Islam yang dapat memulihkan pikiran manusia yang diterangi oleh ajaran ilahi, dalam dua dimensi yang benar dan lengkap :
1. Dimensi pengetahuan yang mencari tentang penyebab dan sarana.
2. Dimensi hikmah yang mencari tujuan dan Allah yang menciptakan.

Sungguh, perbuatan pemakaian yang lengkap dan tidak terbatas bagi pikiran yang menggabungkan antara pengetahuan dan wahyu ilahi ini membuat kemuliaan bagi umat Islam awal”.
.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis: Affan Abdillah
#part 40

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *