Dr. KH. Marsudi Syuhud – Pentingnya Bersyukur dan Bersabar Dalam Mencapai Kesuksesan


hobindonesia.id Keinginan berusaha apa saja, kemungkinan cuma ada 2 yakni : sukses dan gagal.

Ketika anda ingin sukses, hal yang harus anda pelajari yakni hal – hal yang menyangkut strategi – strategi planning. Karena dari situlah, akan ada pembahasan mengenai berbagai macam risiko dan disertai dengan mempersiapkan alternatif lain. Ibaratnya risiko adalah hal yang memungkinkan untuk anda gagal sedangkan alternatif lain adalah peluang anda untuk kesuksesan.

Misalnya anda ingin membuat madrasah di rumah, pastinya anda akan mengalami berbagai persoalan. Sesungguhnya dari persoalan itulah anda akan banyak belajar.

Makna dari strategi planning adalah melaksanakan, mengevaluasi, menyesuaikan dan belajar. Jadi, melakukan hal apa saja, strateginya berbeda – beda namun tetap menggunakan teori yang sama (pelaksanaan, evaluasi, penyesuaian dan pembelajaran).

Setiap hari kejadian apa saja yang anda temui, seharusnya anda evalusi, lalu disesuaikan dan di pelajari lagi. Artinya ketika anda sudah mengetahui problem anda harus mencari solusinya.

Ada hal penting yang harus anda ingat dikehidupan ini, yakni bersyukur kepada Allah. Karena sesungguhnya Allah telah memberikan segala anugerah dalam hidup kita dan anugerah ini adalah hadiah yang berasal dari-Nya.

Bersyukur menjadi kunci utama memperbaiki diri anda menjadi lebih baik. Dengan bersyukurlah anda akan selalu ingat dibawah anda masih banyak orang yang belum mencapai tujuan seperti anda. Itulah yang menjadi obat utama anda.

Baca Juga :Dr. KH. Marsudi Syuhud – Tiga Kekuatan Mencapai Kesuksesan Yakni : Komitmen, Ketekunan dan Disiplin.

Selain bersyukur, ada kunci lagi yakni bersabar. Artinya orang itu harus bersabar ketika ada problem. Karena kalau bersabar pahalanya tanpa hitungan, nggak punya duit sabar.

Anda akan menjadi Ornag kuat, ketika anda sudah menghadapi banyak tantangan. Adanya problem sesungguhnya untuk memperkuat jati diri anda. Jadi, anggaplah sebagai tantangan yang harus anda selesaikan. Selama kita bersabar atas problem ( tantangan )yang anda hadapi maka sesungguhnya Allah berfirman انّما يوفّى الصابرون اجرهم بغير حساب ( Q.S. Azzumar : 10) ‘orang – orang yang sabar akan masuk surga tanpa hisab’. Ini adalah hadiah dari allah supaya anda menjadi orang yang sabar, mendapatkan pahala serta mendapatkan ampunan-Nya, ketika anda sampai pada fase penyelesaian atas problem anda lalu anda mengucapkan “Alhamdulillah aku bisa mengatasinya dan aku bersabar atas tantangan ini” Tidak hanya itu Allah juga berfirman والله يحبّ الصّابرين ( Allah mencintai orang2 yang sabar. Q.S Al-imran :146).

Pada waktu bersamaan sepanjang menghadapi tantangan, anda harus bersyukur dengan mengucapkan :

اللهم لك الحمد والشكر، اللهم لك الحمد والشكر كما ينبغي لجلال وجهك وعظيم سلطنك وتعداد مخلوقتك وسعة عرشك حتى ترضى يا أكرم الاكرمين
يارب انا صابر…🤲🏻

Maka dari itu, konsep menemukan persoalan dari tantangan adalah cuma dua bersyukur dan bersabar. Itulah nantinya orang yang disebut ‘orang yang tidak menyerah dengan keadaan’

Jadi, ingat! Dalam Kehidupan ini anda jangan membayangkan hidup itu enak terus. yang termasuk harus anda bayangkan yakni tentang resiko hidup, dan cara mengatasinya.
.
.
~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis : Milati

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *