Dr. KH. Marsudi Syuhud – Perhatian Pada Daerah Perbatasan Merupakan Tanggung Jawab Solidaritas Antar Semua Lembaga Negara

hobindonesia.id Hubungan antara ibu kota negara dan perbatasannya adalah hubungan yang tidak terpisahkan, bukan hubungan konflik juga tidak seharusnya demikian, karena sangat diperlukan bagi negara mana pun untuk memiliki ibu kota yaitu jantung dan pusat, tepi serta perbatasan yang merupakan sayap yang tidak naik ke atas dan tidak naik tanpanya, Tetapi, di banyak negara di dunia, pusat adalah fokus perhatian. Bukti dan kenyataan hidup menegaskan bahwa pusat telah memperoleh tingkat minat tertinggi sepanjang sejarah.

Namun, tingkat minat ini bervariasi antara negara-negara beradab dan negara-negara terbelakang. Negara-negara beradab tidak dapat mengabaikan sebagian dari tepi-tepinya, tanah atau penduduknya, membiarkannya sendiri, atau kesempatan untuk kehilangan, pengabaian atau agresi, atau bahkan hanya memikirkan tentang kekacauan atau perpisahan. Salah satu penyair mendekati tuan kita Umar bin Abdul Aziz r. a dan menyanyikannya untuknya :
إن كنت تحفظ ما يليك # فإنما عال أرضك بالبلاد ذئاب

Jika Anda mengingat apa yang ada di samping Anda, maka tanah di negara Anda adalah serigala
لن يستجيبوا للذي تدعوله # حتى تجلد بالسيوف رقاب
Mereka tidak akan menanggapi apa yang Anda panggil sampai leher dicambuk dengan pedang
Namun demikian, pembangunan tepi dan daerah perbatasan tidak menjadi tanggung jawab pemerintah sendiri atau pimpinan politik semata, karena perhatian dan kepedulian terhadap tepi-tepi tersebut serta mengupayakan pembangunannya merupakan tanggung jawab solidaritas antar semua lembaga negara, baik lembaga resmi, organisasi masyarakat sipil, atau pengusaha.
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 63

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *