Dr. KH. Marsudi Syuhud – Setiap Orang Adalah Pemimpin


hobindonesia.id Nabi kita Muhammad Saw bersabda :
سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ الإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ، وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا في اللهِ اجْتمعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتَ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لاَ تَعْلَمُ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ
Artinya :“Tujuh akan dinaungi oleh Allah dalam naungan-Nya pada suatu hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya; Imam yang adil, seorang pria muda yang tumbuh dalam penyembahan kepada Tuhannya, seorang pria yang hatinya bergantung di masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah, yang berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, seorang pria yang dicari oleh seorang wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, lalu dia berkata :” Aku takut kepada Allah”, seorang pria yang menyumbang secara tersembunyi, sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dinafkahkan tangan kanannya, dan seorang pria yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan hampa lalu kedua matanya mengalir”(Shohih Bukhari : Kitab al-Adzan, Babu Man Jalasa fil Masjidi yantadhirus Sholata, Nomor : 660).

Istilah “Pemimpin yang adil” mencakup setiap orang yang menjadi wali sekelompok orang dalam urusan agama atau urusan duniawi mereka. Jadi dia adalah pelindung mereka dan bertanggung jawab atas mereka di hadapan Allah yang maha kuasa dan maha mulia. Nabi kita Muhammad Saw bersabda :
كُلُّكُمْ رَاعٍ فَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَالأَمِيرُ الَّذِى عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ، وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ، وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْؤُولٌ عَنْهُ، أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
Artinya :“Setiap Anda semua adalah pemimpin, jadi bertanggung jawab atas rakyatnya. Kepala yang pada orang-orang adalah pemimpin, dan dia bertanggung jawab atas mereka. Seorang pria itu adalah pemimpin atas orang-orang di rumahnya, dan dia bertanggung jawab atas mereka. Seorang perempuan adalah pemimpin atas rumah suaminya dan putranya, dan dia bertanggung jawab atas mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta majikannya, dan dia bertanggung jawab untuk itu. Sungguh, setiap Anda adalah pemimpin dan setiap Anda bertanggung jawab atas kepemimpinannya”(Shohih Bukhari : Kitab al-‘Itq, Babu Karahiyyatit Tathowwuli ‘alar Raqiq, Nomor : 2554).

Beliau bersabda :
مَا مِنْ رَجُلٍ يَلِي أَمْرَ عَشَرَةٍ فَمَا فَوْقَ ذَلِكَ إِلَّا أَتَى اللهَ مَغْلُولًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَدُهُ إِلَى عُنُقِهِ، فَكَّهُ بِرُّهُ أَوْ أَوْبَقَهُ إِثْمُهُ
Artinya :“Tidak ada orang yang mengikuti perintah sepuluh dan apa yang di atasnya kecuali Allah datang dibelenggu pada Hari Kebangkitan, dengan tangan di lehernya, tebus atau musnahkan kebenarannya”.

Beliau juga bersabda :
إِنَّ اللهَ سَائِلٌ كُلَّ رَاعٍ عَمَّا اسْتَرْعَاهُ، أَحَفِظَ ذَلِكَ أَمْ ضَيَّعَ ؟ حَتَّى يُسْأَلَ الرَّجُلُ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ
Artinya :“Sesungguhnya Allah bertanya kepada setiap penggembala tentang apa yang pemeliharaannya. Apakah dia melindungi atau menyia-nyiakan ? hingga seorang pria akan ditanyai tentang keluarga rumah tangganya”(Sunan al-Kubro, milik an-Nasa’i : Kitab ‘Iffah an-Nisa, Abwab al-Mula’inah, Mas’alah kulli Ra’in ‘amma Istar’ah, Nomor : 8833).
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 49

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *