Dr. KH. Marsudi Syuhud – Tanggung Jawab Akan Memudahkan Segala Urusan

hobindonesia.id Kehebatan anda dalam mengelola management kepedulian kepada orang lain, belum bisa dikatakan benar-benar hebat kalau anda hanya mengandalkan kekuatan mental saja. Tanpa berlandaskan tanggung jawab. Artinya rasa kepedulian tanpa adanya tanggung jawab yang sesuai tidak akan sempurna.

Dalam suatu kerajaan diceritakan, ada seorang Raja yang ingin mengetahui masyarakatnya mempunyai ‘rasa tanggung jawab’ pada dirinya, atau tidak?. Suatu ketika raja tersebut meminta kepada penjaga untuk manaruh batu yang besar di jalan. setiap ada masyarakatnya yang melewati batu yang sudah ditaruh oleh rajanya, dia tidak bisa mengangkatnya. Sebab terlalu besar kalau cuma diangkat sendirian tanpa bantuan orang lain.

Meskipun raja tersebut dengan sengaja menaruh batu besar itu dijalan. Dengan tujuan raja tersebut ingin mengetahui masyaraktanya mempunyai tanggung jawab atau tidak. Mendengar kabar begitu, orang yang tidak bisa mengangkat batu tersebut makin marah-marah. Parahnya lagi, pelampiasannya dia bukan cuma marah kepada rajanya saja, melainkan marah juga kepada negaranya dan orang-orang yang tidak bersalah.

Datanglah orang kedua, yang menemukan batu besar dan mencoba untuk memindahkan batu tersebut dari jalan. Dan ketika dia tidak mampu, maka dia marah-marah lagi, kepada rajanya terus menerus menyalahkan rajanya. Artinya dia lebih mengedepankan marah-marahnya terlebih dahulu dari pada usahanya.

Kemudian ada orang ketiga, yang ingin mencoba memindahkan batu tersebut lalu berfikir ‘untuk menyingkirkan batu tersebut’,  agar tidak menganggu orang lain. Kalau di ambil dengan sendiri, tidak bakalan mampu. Maka dari itu orang tersebut meminta bantuan orang lain. Dengan adanya usaha mencari batuan kepada orang lain, tidak sia-sia dia bisa memindahkan batu tersebut.

Setelah itu, dengan tidak sengaja tiba-tiba muncul, orang dari belakangnya mengasih uang kepada orang yang sudah memindahkan batu besar dari jalan tersebut. Dengan uang sebesar 2 juta dolar. Dan tidak tahunnya orang yang mengasih adalah rajanya sendiri. Dengan begitu, raja tersebut bilang “batu tersebut memang saya taruh disitu, dengan tujuan mau mencoba melihat seberapa besar tanggung jawab orang yang mau memindahkan batu tersebut,” karena itu semua termasuk dari tanggung jawab setiap individu. Maka dari itu raja mengasih uang sebesar 2 juta dolar. Sebagai bentuk hadiah.

Dan memang dari rajanya tadi sudah mengasih hadiah sebesar 2 juta dolar. Bukan bermaksud untuk memberi dengan cuma-cuma saja. Tapi, mencoba melihat seberapa besar tanggung jawab anda. Dari situlah, Sesungguhnya kalian semua, akan menemukan kemampuan anda dan kelebihan anda, dari berkah membantu orang lain. Dengan Menerima kenyataan itu, memutuskan, dan memilih untuk memindahkan batu besar itu dari jalan.

Dalam cerita tersebut, bisa anda ambil hikmahnya, bahwasanya anda hidup didunia ini, tidak disuruh atau tidak disuruh, entah itu nanti bermanfaat bagi anda atau tidak. ‘ Please Do it’. Lakukan saja dulu.

Baca juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Tanggung Jawab Kunci Menjadi Orang Sukses

Refleksinya, Kalau anda seorang organisatoris, melihat organisasi yang tidak berjalan, anda seharusnya bisa menggerakkan anggota anda. Sebab itu semua, masalahnya pada soal tanggung jawab anda sebagai pemimpin. Terkadang anda cuma melampiaskan tanggung jawab anda cuma sebagai agar dilihat ‘orang baik saja’. Artinya, perbuatan anda bukan benar-benar dari niat yang tulus untuk bertanggung jawab melainkan cuma ingin dilihat orang baik saja oleh orang lain dan itu sudah banyak dalam kehidupan sekarang.

Sesungguhnya dengan tanggung jawablah anda semuanya akan belajar rasa saling memperdulikan antar sesama manusia. Bahwa tanggung jawab bisa memudahkan segala urusan anda dalam menjalankan segala urusan sehari – hari.

~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *