Dr. KH. Marsudi Syuhud – Tanggung Jawab Kunci Menjadi Orang Sukses

hobindonesia.id Kekuatan pribadi seseorang terletak pada seberapa dia bisa melaksanakan tanggung jawab yang sudah ia terima. Sama halnya santri mempunyai tanggung jawab untuk menaati semua peraturan yang sudah ditentukan oleh pesantren. Atas dasar sebagai penimba ilmu agama di pesantren.

Disamping itu, anda harus latihan tanggung jawab. Sebab, kekuatan pribadi anda ‘disuruh atau tidak, diperintah atau tidak, kalau anda mempunyai jiwa tanggung jawab, seharusnya anda melakukan segala hal tanpa adanya disuruh atau diperintah. Itu namanya المسئولية (tanggung jawab). Kalau sudah kebiasaan seperti itu akan terasa mudah. Dan orang yang melihat akan merasa segan.

Karakter tanggung jawab akan menjadi pijakan utama dalam menerapkan sifat kepercayaan anda kepada orang lain. Sebab dengan tanggung jawab anda akan belajar banyak hal dari kepribadian anda sendiri. Rasa kepercayaan orang lain terhadap anda bisa dilihat, dari seberapa anda bisa menjalankan tugas anda dengan sebaik mungkin. Dengan tanggung jawablah akan menjadi peluang anda untuk menjadi orang yang bisa dipercaya.

Kekuatan pribadi seseorang, terdapat pada, seberapa anda bisa menjalankan amanah yang sudah diberikan kepada anda. Disitulah letak tanggung jawab anda akan diuji. Dari kekuatan pribadi itulah anda akan mempunyai rasa percaya diri untuk melakukan berbagai hal.

Ada salah satu contoh, ada seseorang yang menjadi Direktur Utama, yang mana mempunyai karyawan 2.000, dia mempunyai keinginan untuk memasukkan ide-ide baru dalam perusahaannya. Tapi, hal itu masih belum bisa berjalan dengan baik, Dan Keinginannya tidak bisa diterapkan kepada karyawan.

Maka dari itu, waktu dalam perjalanan, dia mempunyai sifat suka menyala-yalahkan orang . Sampai  mengucapkan ‘saya akan pecat, orang yang tidak mau mendengarkan kata-kata saya’. Yang perlu digaris bawahi semua orang yang disekitarmu, tidak akan bertanggung jawab atas pikiranmu dan perasaanmu. Sesungguhnya yang bertanggung jawab adalah diri anda masing-masing. Di realitasnya yang menjadi penyebabnya adalah diri anda sendiri. Tapi, anda mungkin masih belum bisa sadar akan hal itu

Maka dengan begitu jangan menyalahkan orang lain dulu, benahi diri anda terlebih dahulu. Sebelum saling menyalahkan. Karena yang benar-benar salah adalah diri anda sendiri. Dan orang lain hanyalah sebagai perantara untuk membenarkan kesalahan anda .

Terkadang anda sering menyalahkan orang yang belum tentu orang tersebut salah. Tapi, demi kewibawaan anda tidak turun dipandang orang lain, lalu anda melampiaskan kesalahan itu kepada orang lain. Pada hakikatnya orang hebat hanya terletak pada orang yang benar-benar mau mengakui kesalahan tanpa menyalahkan orang lain. Dan seperti ini, sudah terjadi di kehidupan anda sendiri. Kalau ada orang seperti itu, yang perlu anda benahi adalah diri anda sendiri.

Dalam kehidupan sehari-hari contohnya anak bayi yang baru lahir, sudah mempunyai tanggung jawab sendiri, ketika sosok ibunya mengajari berjalan. Kalau tidak punya tanggung jawab sendiri, kakinya tidak akan berjalan sendiri. Artinya bayi sudah mempunyai tanggung jawab untuk belajar berjalan dengan usaha terus- menerus .

Jadi penulis (pengarang kitab) disini menyampaikan, semenjak Allah menciptakan anda lahir ke dunia, sudah mempunyai tanggung jawab pada diri anda sendiri.

~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

baca juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud : Tiga Hal Yang Menghambat Kesuksesan

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *