Dr. KH. Marsudi Syuhud – Tiga Kekuatan Mencapai Kesuksesan Yakni : Komitmen, Ketekunan dan Disiplin.


hobindonesia.id Jadilah orang yang memiliki komitmen, Sebab orang yang komitmen adalah orang yang teruji dengan sebaik mungkin. Misalnya anda bisa mulai dengan berkomitmen akan bangun tidur lebih pagi dan menyelesaikan apa saja di pagi itu, Terkadang di waktu tertentu anda bisa merasa sangat lelah sekali, sehingga anda tidak mampu untuk bangun lebih awal , di saat inilah anda berada di fase ketekunan. Ketekunan akan menjadikan anda tetap bersikeras dengan komitmen yang telah anda miliki untuk bangun pagi lebih awal.

Ada ketekunan yang lebih tinggi yakni ketika anda bersikeras tetap melakukan pekerjaan meskipun badan terasa sakit semua, disitulah anda akan disebut orang yang di siplin artinya dalam kondisi apapun, anda akan laksanakan. Dari tingkatan itulah anda akan melakukan apa saja tanpa ada ketakutan. Hendaklah anda melakukan sesuatu setiap hari tanpa terputus, maksud dari kalimat ini berdasarkan,

Riwayat Siti Aisyah R.a
“Sesungguhnya Rasulullah SAW. Ditanya:
Amal manakah yang lebih dicintai Allah? Rasulullah menjawab:
Meneruskan tanpa putus, artinya amal (perbuatan) yang sedikit namun dilakukan terus – menerus. Inilah yang dinamakan disiplin yakni terus – menerus dengan tekun.

Selain itu, anda menjadi tidak rasional ketika anda berkata ‘bahwa anda itu komitmen tanpa adanya dalil atau bukti’. Menjadi orang yang berkomitmen berarti harus memiliki bukti atas apa yang anda lakukan. Atau kebalikannya anda tidak melakukan apa – apa, tidak ada bukti / dalil namun anda mengaku orang yang berkomitmen, dan yang seperti itu perilaku anda sama sekali tidak masuk akal.

Mayoritas orang, berkomitmen untuk menjadi orang kaya. Tapi, rata – rata orang hanya ingin diucapan saja. Tanpa ada action yang nyata. Ingin jadi orang kaya, tapi perilakunya orang miskin.Sama saja dengan ucapannya membawa kepada surga tapi perilakunya membawa ke neraka. Itulah yang disebut ‘Orang yang tidak masuk Akal’

Pengarang kitab ini juga Menulis kitab lain yang berjudul نجاح بلا حدود
artinya ‘sukses tanpa batas’ yang menceritakan tentang Thomas edisson dan komitmennya dalam 9999 kegagalannya.Tapi, karena kegagalan itulah, maka dia tidak pernah berhenti. Pada akhirnya beliau dapat menemukan listrik yang bermanfaat.

Ada juga kolonel sandels, yang pernah gagal dalam 1007 restaurant. Walt disney ditolak 302 bank atas proyeknya dalam pembuatan pusat data di dunia.

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Temukan Visi Hidupmu dan Raih Kesuksesan

Dalam kitab tersebut pengarang juga membicarakan betapa komitmennya siti hajar yang berlari dari shafa ke marwah 7x untuk mencari air. Jangan cuma anda melihat pada cerita siti hajar yang berhasil menemukan air untuk anaknya ismail a.s, perhatikan usaha yang dilakukan beliau untuk mencari air dari sofa sampai marwah. Itu menunjukkan kepada kita bahwa orang islam harus komitmen dan berfikiran positif, anda memiliki kekuatan dan Allah lah yang memampukan

Pengarang menuturkan pendapatnya “Ketika aku memiliki visi (impian), aku tidak memberi tahu satupun orang -orang disekitarku sampai mereka bekerja untukku, aku hanya menceritakan tujuanku saja”. Jika anda memberitahu visi (impian) anda maka ada sesuatu yang bisa mencegah ketekunan anda bahkan bisa membuat anda menyerah atas visi (impian) anda .Maka hati – hati jika anda mempunyai keinginan, dan mau bercerita atau memberitahu kepada orang lain. Belum tentu lawan yang anda ajak berbicara sama dengan pikiran anda. Bisa saja anda merasa terdorong atau malah anda takut untuk merealisasikan visi (impian) anda.kalau anda mau berusaha, jangan terburu-buru di publikasikan kepada orang lain.

Semestinya, anda antusias dalam kerja bukan cuma berbicara saja. Mengapa? Kalau anda kerja – kerja anda tidak akan menghabiskan banyak tenaga hanya untuk berbicara namun sama sekali tidak bekerja.

Intinya dalam hidup ‘bahwa sesungguhnya antusiasme anda semestinya harus digunakan untuk bekerja, bukan cuma berbicara saja’
.
.
.
~Pengajian Kitab ايقظ قدرتك واصنع مستقبلك “Bangkitkan kemampuan anda dan ciptakan masa depan anda” bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis : Ulyatul Milati

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *