Dr. KH. Marsudi Syuhud – Tiga Dasar Pengaruh Utama Dalam Ekonomi Islam


hobindonesia.id Dalam pembahasan kali ini yakni pada keperluan ketiga tentang “Menggabungkan Antara Kemaslahatan Material Dengan Kebutuhan Spiritual Atau Perasaan Khusus Kepada Allah Swt., Dan Mengamati-Nya Dalam Setiap Tindakan”

الجمع بين المصالح المادية والحاجات الروحية أو خاصة الإحساس بالله تعالى ومراقبة في كل تصرف

Pertama, Dalam Semua Doktrin Dan Sistem Ekonomi Buatan Manusia, baik individu maupun kolektif; Kegiatan ekonomi terbatas pada pencapaian kepentingan material, sama saja kepentingan material ini merupakan pencapaian jumlah keuntungan terbesar seperti yang terjadi dalam ekonomi kapitalis, atau kepuasan kebutuhan publik dan pencapaian kemakmuran material seperti halnya dalam ekonomi sosialis.

Kegiatan ekonomi bersifat material murni, sekalipun bentuknya berbeda menurut sistem yang diterapkan, baik kapitalis maupun sosialis.

Kedua, Adapun Dalam Ekonomi Islam, kegiatan ekonomi ini, walaupun bersifat material, tetapi diwarnai oleh karakter religius atau spiritual.

Baca Juga :Dr. KH. Marsudi Syuhud – Fokus Legislasi Ekonomi Pancasila Adalah Kepentingan Bersama

Karakter spiritual ini didasarkan pada perasaan, ketakutan akan Allah ta’aala dan mencari keridhaan-Nya.

Ketiga, Dasar Dari Hal Ini Adalah Bahwa Menurut Islam, Orang Tidak Hanya Berhubungan Satu Sama Lain, tetapi mereka berhubungan terutama dengan Allah ta’aala.

Jika ekonomi buatan manusia didasarkan pada materi, itu sendiri yang membentuk hubungan individu satu sama lain. Maka dari itu, sesungguhnya dasar ekonomi Islam adalah Allah Swt., ketakutan kepada-Nya, mencari keridhaan-Nya dan ketaatan pada ajaran-Nya itulah yang membentuk hubungan individu satu sama lain.

Ada beberapa implikasi yang unik pada ekonomi Islam, kami merangkumnya sebagai berikut :

أولا :الطابع الإيمان والروح للنشاط الاقتصادي
ثانيا :ازدواج الرقابة وشمولها
ثالثا : تسامي هدف النشاط الاقتصادي

Pertama : Keyakinan dan sifat spiritual dari aktivitas ekonomi.
Kedua : Pengawasan ganda dan cakupannya.
Ketiga : Sublimasi tujuan kegiatan ekonomi.
.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis: Affan Abdillah
#part 25

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *