Dr. KH. Marsudi Syuhud – Ukuran Kekuasaan Paralel Adalah Sejauh Mana Kemampuannya Untuk Menegakkan Hukum Pada Setiap Orang


hobindonesia.id Pertemuan kali ini meneruskan pembahasan topik yang kemarin “pluralisme politik dan kekuatan paralel”. Berikut kelanjutannya :

Satu-satunya ukuran yang digunakan oleh negara atau masyarakat mana pun untuk mengukur seberapa besar ada atau tidak adanya kekuasaan paralel adalah sejauh mana kemampuannya untuk menegakkan hukum pada setiap orang, tanpa perhitungan atau pengecualian, tanpa ragu-ragu atau ketakutan, dan tidak ada kelompok atau orang yang dapat diizinkan untuk memburu pengikutnya untuk menghindari hukum atau melumpuhkannya dengan paksa sebagaimana yang terjadi pada umumnya penduduk dan kawan hitam.

Maka dengan demikian, agar setiap orang mengikuti metode hukum dalam mengungkapkan tuntutan mereka, dan mematuhinya sebagaimana diwajibkan oleh hukum dan peraturan yang mengatur setiap bidang, menekankan bahwa kami (pengarang kitab) tidak mengizinkan penipuan terhadap hukum, dan bahwa prinsip tujuan membenarkan cara yang digunakan kelompok politik Islam berangkat dari masyarakat yang telah menyimpang dari jalan yang benar dan tertipu olehnya ke perangkap berbahaya yang hampir akan menyerangnya jika bukan karena rahmat dan kebaikan Allah kepada kami.

Bahwa hinaan pada orang Mesir kami (pengarang kitab) yang terkasih melalui dengannya ke tempat yang aman, yang membuat momok kembali ke ideologi persaudaraan teroris dalam upaya untuk menciptakan entitas yang sejajar dengan entitas negara merupakan masalah yang mengganggu yang harus dihadapi dengan kekuatan penuh dan ketegasan dalam rangka untuk menjaga martabat negara nasional.
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 35

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *