Dr. KH. Marsudi Syuhud – Ulama Itu Memimpin Konsensus, Bukan Memimpin Perselisihan


hobindonesia.id Prinsip dasarnya para ulama adalah untuk memimpin konsensus bukan untuk memimpin perselisihan, juga bukan untuk memurnikan api perselisihan. Akan tetapi, sebagian ulama dan pemikir bertindak ekstrim, dan beberapa dari mereka mencari pendapat yang anomali, dan kadang-kadang suka penampilan pada beberapa waktu, dan menghormati pihak berwenang di lain waktu.

Persaingan dari beberapa dari mereka yang berafiliasi dengan para ulama dalam meningkatkan aspirasi ekspansionis pada beberapa negara dan mendandaninya sebagai kewajiban agama, sesungguhnya hanyalah lebih berkontribusi untuk menyebarkan perselisihan, dan kadang-kadang memicu kekacauan di atas reunifikasi yang sangat diperlukan bagi bangsa dan kawasan, dan untuk mencapai keamanan dan perdamaian dunia. Jika tidak, maka kita bersungguh-sungguh dalam mencari perdamaian ini dan bertindak untuk mencapainya, dan untuk membebaskan agama dari politik, dan untuk membebaskan doktrinal dari menginvestasikan politik untuk agama atau untuk sektarianisme.

Alih-alih suara ulama menjadi suara kebijaksanaan, nalar, persatuan barisan, dan selalu menolak perselisihan, suara beberapa doktrin fanatik di antara mereka yang tidak menyadari yurisprudensi realitas telah menjadi suara perpecahan dan perselisihan dalam beberapa hal. Dan terkadang keinginan untuk memuaskan beberapa penguasa, atau keluarga dan suku, atau pelindung, pengikut dan murid, berada di belakang menempel pada beberapa pendapat atau fatwa, tanpa mempertimbangkan konsekuensi mengerikan yang mungkin timbul dari mengadopsi pendapat yang tidak wajar, atau fanatik buta tanpa dukungan yang benar pada pikiran, nalar dan logika.
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Penulis: Afan Abdillah
#part 40

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *