Dr. KH. Marsudi Syuhud – Undang-Undang Itu Harus Diterapkan Secara Adil dan Tidak Pandang Bulu


hobindonesia.id Semua kelompok ekstremis lainnya memasarkan diri mereka sebagai pelindung agama dan mereka berusaha menerapkan hukum Allah ‘azaa wa jalla dan menegakkan syariat-Nya. Kami (pengarang kitab) bertanya :“Di manakah kelompok-kelompok ini yang membunuh, meletuskan, meledakkan, menghancurkan, menumpahkan darah, melanggar kehormatan, merampas sutra, merampas harta dan meneror orang-orang beriman dari syariat dan hukum Allah ?!”. Dengan demikian, tidak disebut negara kalau tidak ada aturan. Adapun kelompok ekstrim ini di Timur Tengah dan Afrika telah menghancurkan negara. Jadi Anda harus waspada.

Apa yang dilakukan kelompok ekstremis ini adalah mata kejahatan terhadap Islam karena distorsi citra Islam di tangan para penjahat ini, sebagai hasil kebodohan mereka tidak mempengaruhi sepanjang sejarahnya di tangan musuh-musuhnya. Menurut Islam, kelompok ini merupakan sebuah penyimpangan dari ajaran islam, karena Islam terdampak negatif dari citra kelompok ini, baik di timur Tengah maupun di Indonesia mendapati label yang sama. Mereka melakukan itu karena kebodohannya, merasa sedang di jalur menuju ridho Allah padahal sejatinya sedang memberontak. Sekarang ini di negara anda atau di Indonesia sudah ada, maka anda harus paham dan jangan terjebak.

Negara berarti sistem, dan tidak ada negara yang berarti kekacauan. Negara mempunyai komponen-komponen yang hanya dapat dibentuk olehnya, dan negara bukanlah negara jika salah satu tiang-nya cacat, yaitu : tanah, rakyat, pemerintah, dan sistem. Artinya sebuah negara itu harus ada aturan. Tanpa ada aturan pasti kacau. Maka aturan harus ditegakkan, dan kita harus kita mencegah mereka kalau saja mereka punya aturan yang bertentangan dengan yang kita sepakati selama ini dalam ber-Negara..

Baca Juga:Dr. KH. Marsudi Syuhud – Menjaga Keutuhan Negara Adalah Sebuah Kewajiban

Negara berarti menghormati pekerjaan lembaga-lembaga nasional, menegakkan supremasi hukum dan menegakkannya pada setiap orang. Inilah kata sayyidina Abu Bakar Al-Siddiq r.a :
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّيْ قَدْ وُلِّيْتُ عَلَيْكُمْ وَلَسْتُ بِخَيْرِكُمْ، فَإِنْ ضَعُفْتُ فَقَوِّمُوْنِي، وَإِنْ أَحْسَنْتُ فَأَعِيْنُوْنِي، الصِّدْقُ أَمَانَةٌ، وَالْكَذِبُ خِيَانَةٌ، الضَّعِيْفُ فِيْكُمُ الْقَوِيُّ عِنْدِي حَتَّى أُزِيْحَ عَلَيْهِ حَقَّهُ إِنْ شَاءَ اللّٰهُ، وَالْقَوِيُّ فِيْكُمُ الضَّعِيْفُ عِنْدِي حَتَّ آخُذَ مِنْهُ الْحَقَّ إِنْ شَاءَ اللّٰهُ.
Artinya :”Wahai manusia, sungguh aku di-wali-kan (dijadikan pemimpin) kepada kalian sedangkan aku bukanlah sebaik-baik-baik kalian. Jadi, jika aku lemah maka kalian perbaikilah aku dan jika aku berbuat baik maka kalian bantulah aku. Kebenaran adalah amanah dan kebohongan adalah pengkhianatan. Orang yang lemah di antara kalian adalah orang yang kuat menurutku sampai aku menyingkirkan haknya, Insya Allah. Dan orang yang kuat di antara kalian adalah orang yang lemah menurutku hingga aku mengambil haknya, Insya Allah” (Sirah ibn Hisyam bagian 4, hal. 240, Uyun al-Akhbar milik ibn Qutaybah bagian 2 hal. 234 dan Bidayah wa an-Nihayah milik ibn Katsir bagian 5, hal. 248).

Kalau di Indonesia itu maksudnya adalah anda harus menghormati usaha-usaha lembaga negara. Kalau anda ingin pendidikan baik, maka hormati lembaga yang mengurusi pendidikan, kalau ingin kemanan baik, maka hormati lemabaga yang mengurusi keamana, kalau ingin ekonomi baik, maka hormati lemabaga yang mengurusi perekonomian dan seterusnya. Jangan seperti kelompok ini, mereka mering berbohong atas nama agama, atas nama Rasulullah dan bahkan atas nama Allah swt. Mau bagaiamanapun dalil yang mereka bawa pada dasarnya adalah untuk kekuasan. Begitulah setiap hari kita baca kitab ini agar tidak terjadi semisal di Timur Tengah.
.
.
Pengajian Kitab فقه الدولة وفقه الجماعة (yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Baca Juga :Dr. KH. Marsudi Syuhud : Congratulatory of Global Peace Leaders Conference Korea 2010

Penulis: Afan Abdillah
#part 10

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *