Dr. KH. Marsudi Syuhud – Universitas Al-Azhar Itu Universitas yang Pertama Kali Merintis Pengajaran Ekonomi Islam


hobindonesia.id Dalam pembahasan Topik Ketiga yakni tentang “Pengajaran Substansi Ekonomi Islam” Universitas perintis pertama dalam pengajaran ekonomi Islam adalah Universitas Al-Azhar, dengan dua kolese : College of Commerce (dalam mata pelajaran divisi keempat departemen BA) dan Sekolah Tinggi Syariah (dalam mata pelajaran diploma kebijakan Syariah di Departemen Studi Pascasarjana).

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Sebagian Orientalis Asing Telah Mendesak Untuk Menggali Potensi Kekuatan Politik, Sosial dan Ekonomi Islam

Hal ini baru diputuskan berdasarkan Undang-Undang Nomor 102 Tahun 1961 M. tentang Penataan kembali Al-Azhar dan badan-badan di dalamnya. Itu terlepas dari kemajuan ekonomi Islam, kemajuan Islam, yang diperkenalkan ke seluruh alam semenjak empat belas abad yang lalu. Juga terlepas dari apa yang banyak sarjana, bahkan non-Muslim telah menunjukkan bahwa ekonomi Islam adalah ekonomi yang berbeda dengan miliknya sendiri, bahwa pokok-pokok dan prinsip-prinsip yang diembannya untuk memenuhi kebutuhan zaman dan menjamin kebahagiaan orang-orang di dunia ini dan di akhirat. Bahkan, terlepas dari antusiasme umat Islam sebagai bangsa dan sebagai para pemimpin untuk melaksanakan ajaran Islam yang meliputi prinsip-prinsip ekonomi Islam.

Tampaknya ada mata rantai yang hilang dalam masalah tersebut dan kami coba jelaskan secara singkat sebagai berikut :

Pertama : pembaharuan substansi ekonomi islam.
Kedua : mengabaikan pengajaran substansi ekonomi Islam.
Ketiga : mengabaikan penerapan ekonomi Islam.


.
.
Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

Penulis: Affan Abdillah
#part 50

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *