Dr. KH. Marsyudi Syuhud – Perbedaan Ekonomi Islam dengan Ekonomi Karl Marx


hobindonesia.id Mengetahui tentang perbedaan ekonomi ketuhanan dan ekonomi Karl Marx, yang mana ekonomi ketuhanan secara history tidak ada relasinya dengan ekonomi karl marx atau juga ekonomi islam bukan dimulai dari bentuk-bentuk alat produksi.

Jadi, ekonomi islam tidak dibatasi dengan spesifik history states.

Pusat perbedaan tentang ekonomi ketuhanan, ekonomi islam dan ekonomi karl marx, bahwa di dalam ekonomi karl marx ada hubungan yang tidak terelakan, terkait alat – alat produksi dan aturan sistem yang satu. Artinya, ekonomi kebersamaan sebagai sejahteranya masyarakat, tidak ada kaya dan tidak ada yang miskin. Maka demikian, aturannya cuma satu yakni sama rasa sama rata. Itulah yang disebut dengan faham sosialis sama Karl marx.

Baca Juga : Dr. KH. Marsudi Syuhud – Mencari Hukum yang Maslahat Untuk Negara Sesuai Aturan Tuhan

Selain itu perlu diketahui, bahwa diajaran ekonomi ketuhanan, perbudakan harus dihapuskan. Maka ketika ajaran islam datang, pelan – pelan ajaran islam tersebut akan menyesuaikan dengan hukum yang ada. Pada dasarnya hal yang ditolak oleh islam dalam hal ekonomi ketuhanan adalah adanya unsur ‘ketidakadilan’.

Perbedaan yang selanjutnya, kalau karl marx itu sama rasa sama rata, itulah sesungguhnya yang terjadi. Sebab disitulah manusia sebagai alat produksi dan hasilnya akan dibagi rata. Cara berfikir islam aturan yang satu untuk mengikat semua orang, dan itu mengandung unsur perbudakan.

Dan kenyataan tantangan ekonomi karl Marx yang seperti ini, sesungguhnya teori dan model semacam ini adalah teori model umat kembali pada zaman perbudakan, padahal teori melahirkan kesejahteraan, artinya untuk kehidupan lebih maju, lebih maju, dengan perubahan dari alat produksi yang semakin maju.

Pengajian Kitab السياسة الاقتصادية الاسلامية (Islamic Economic Policy) Bersama Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta Dr. KH. Marsudi Syuhud.

You may also like...

1 Response

  1. September 12, 2020

    […] Baca Juga :Dr. KH. Marsyudi Syuhud – Perbedaan Ekonomi Islam dengan Ekonomi Karl Marx […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *