Haflah Akhirussannah Pesantren Ekonomi Darul Uchwah 2020

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di garis depan dalam keberhasilan penyebaran ajaran Islam. Melalui pesantren, para Ulama memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan pendidikan ajaran Islam ke seluruh pelosok tanah air. Islam yang disebarkan tentunya merupakan upaya mewujudkan Islam Rahmatan lil Alamin, hal ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai pandangan utama. Islam dengan pemahaman seperti ini mengandung ajaran bahwa munculnya suatu konflik di suatu  daerah pada dasarnya tidak sesuai dengan Islam.  Dimana pun islam berada semestinya membawa kedamaian, rahmat, dan  persaudaraan. Islam bukanlah ajaran agama yang selalu mengundang musuh, membuat persoalan dan perselisihan, atau ajaran yang keras sehingga pihak-pihak lain merasakan adanya ancaman baik secara psikologis, sosiologis, maupun eksistensialnya.

Hal ini menjadi analisa diadakannya Haflah Akhirussanah yang akan diselenggarakan oleh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah. Pesantren Ekonomi Darul Uchwah adalah Pesantren yang mempunyai maksud dan tujuan : 1) Membentuk masyarakat dan pribadi yang berilmu, bertakwa kepada Allah SWT, cinta agama, negara dan bangsa. 2) Membentuk dan menyiapkan pemimpin-pemimpin (leaders). 3) Membentuk dan menyiapkan wirausaha-wirausaha (entrepreneur) 4) Melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait dengan pembinaan lingkungan hidup. 5) Melaksanakan amal sosial untuk kesejahteraan masyarakat dalam arti seluas-luasnya.

Demi mencapai maksud dan tujuan tersebut, Pesantren Ekonomi Darul Uchwah menjalankan kegiatan-kegiatan sesuai kalender akademik yang berbeda dengan lembaga pendidikan yang lain. Hal tersebut dimaksudkan sebagai bentuk syiar agama. Setiap akhir tahun pelajaran, Pesantren Ekonomi Darul Uchwah mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, yaitu Haflah Akhirussanah.

Haflah Akhirussanah sendiri merupakan momentum strategis untuk menata ulang dan  mengevaluasi perkembangan lembaga pendidikan pesantren agar mampu menjawab tantangan yang dihadapi. Pada tahun 2020 ini kegiatan Haflah Akhirussanah dikemas semenarik mungkin dengan  menghadirkan berbagai kegiatan yang melibatkan unsur internal maupun eksternal pesantren, mulai dari perlombaan tingkat MDT dan TPQ hingga kegiatan lain yang melibatkan lembaga – lembaga pendidikan se – DKI.  Dengan keterlibatan dua unsur tersebut maka akan terjalin harmonisasi  dan hubungan bilateral yang baik untuk menunjang suksesnya kegiatan tersebut.

Rangkaian Kegiatan

Ziarah Pesantren

Hari dan Tanggal :  Jum’at, 20 Maret 2020 – Ahad, 22 Maret 2020

Tempat : Syekh Kuro (Kerawang), Hasan PonPes Assidiqiyah (Karawang), Sunan Gunung Jati (Cirebon), KH. Muhammad Ilyas Ruhiyat (Cipasung, Tasikmalaya), Abah Anom Ponpes Suralaya (Tasikmalaya), Syekh Abdul Muhyi (Pamijahan, Tasikmalaya), Syekh Panjalu (Ciamis), Cut Nya’ Dien (Sumedang), KH. Abdurrahim (Banjarsari), Pantai Pangandaran.

Majelis Dzikir, Manaqib, dan Maulidurrosul SAW

Hari dan Tanggal : Sabtu, 4 April 2020

Waktu : 19.00 WIB s/d Selesai

Tempat : Halaman Pesantren

Majelis Dzikir ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada sabtu malam ahad di minggu pertama setiap bulan. Kegiatan ini diikuti oleh 400 jama’ah terdiri dari Ulama, Habaib, tokoh masyarakat dan warga DKI Jakarta.

Perlombaan Santri se-DKI Jakarta

Hari dan Tanggal : 28-30 Maret 2020

Tempat : Halaman Pesantren

Perlombaan ini diadakan di Pesantren Ekonomi Darul Uchwah dan di ikuti oleh Pesantren se-DKI Jakarta. Aneka lomba meliputi:

  • Tilawatil Qur’an
  • Muhafadzoh Qur’an
  • Lomba Pidato
  • Lomba Tenis Meja
  • Lomb Baca Kitab Kuning
  • Lomba Kebersihan Kamar

 

Pesantren Design dan Jurnalistik

 

Hari dan Tanggal : 14 Maret – 15 Maret 2020

Tempat : Lt. 3 Pesantren Ekomomi Darul Uchwah

  • Pelatihan design
  • Pelatihan Jurnalis

Lomba antar TK, TPQ, dan MDT se-Jakarta Barat

Hari dan Tanggal ; Minggu, 5 April 2019

Waktu : 08.00 WIB s/d Selesai

Tempat : Halaman Pesantren

Lomba ini diadakan diinternal Pesantren Ekonomi Darul Uchwah dan di ikuti oleh TK, TPQ, dan MDT se-Jakarta Barat. Aneka lomba meliputi:

  • Lomba Adzan
  • Hafalan Do’a Harian
  • Hafalan Juz ‘Amma
  • Praktek Sholat
  • Lomba mewarnai kategori kelas TK & TPQ
  • Melukis kaligrafi
  • Pidato
  1. Festival Hadroh, MTQ dan Lomba Da’i Tingkat  SMU se-DKI Jakarta

Hari dan Tanggal : 09 April 2020

Waktu : 09.00 WIB s/d Selesai

Tempat : Halaman Pesantren

Lomba ini akan diikuti oleh siswa/i tingkat SMU se-DKI Jakarta, serta pengenalan Pesantren Ekonomi Darul Uchwah & Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA Jakarta).

Sema’an Al-Qur’an dan Rawi Sarofal Anam

Hari dan Tanggal : Jum’at 10 April 2020

Tempat : Pesantren Ekonomi Darul Uchwah

Waktu : 07.00 WIB – 11.00 WIB

 

Sema’an Al – Qur’an dilaksanakan oleh santri Pesantren Ekonomi Darul Uchwah dan jama’ah majelis ta’lim di sekitar Kedoya Selatan. Acara ini merupakan bagian kegiatan rutin dari majelis ta’lim yang diikuti sekitar 20 jamaah.

Karnaval Budaya Nusantara

Hari dan Tanggal : Sabtu, 11 April 2020

Waktu : 07.00 WIB – 10.00 WIB

Tempat : Halaman Pesantren

Rute : Jl. Kedoya Raya ke Barat lewat      Jl. Pilar Raya Lewat depan Metro TV ke Utara Pertigaan Kemis   ke Timur Jl. Kedoya Raya sampai kembali ke Pesantren

Karnaval Budaya Nusantara berbentuk arak-arakan dengan peserta kreasi budaya nusantara. Karnaval ini juga merupakan upaya syiar dakwah dan sosialisasi pesantren dengan masyarakat. Karnaval ini menampilkan:

    • Marching Band MDT Darul Uchwah
    • Ondel-ondel, Angklung, Palang Pintu dan Barongsai
    • Kereta Mini
    • Arak-arakan Peserta Khitan Massal

Khitanan Massal

Hari dan Tanggal : Sabtu, 11 April 2020

Waktu : 10.00 WIB s/d Selesai

Tempat : Gedung Pesantren

Khitanan Massal ditargetkan diikuti oleh 80 anak yang berasal dari warga Jakarta dan warga lingkungan sekitar pesantren. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Pesantren Ekonomi Darul Uchwah, dengan rangkaian acara:

        • Arak-arakan peserta khitanan massal dilaksanakan pada karnaval budaya
        • Tahlil dan doa bersama
        • Khitanan

Khotmil Qur’an

Hari dan tanggal : 11 April 2020

Waktu : 18.00 WIB  – 20.00 WIB
Tempat : Halaman Pesantren Ekonomi Darul Uchwah

Khotmil Qur’an ini merupakan salah satu dari rangkaian puncak kegiatan Haflah Akhirussanah di Pesantren Ekonomi Darul Uchwah yang dilakukan oleh santri kelas awaliyyah dan wustho.

Tabligh Akbar

Hari dan Tanggal : Sabtu, 11 April 2020

Waktu : 20.00 WIB s/d Selesai

Tempat : Halaman Pesantren

Puncak kegiatan Haflah Akhirussanah 2020 dilaksanakan dengan menyelenggarakan tabligh akbar. Acara ini dipusatkan di halaman Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House of Brotherhood).

Pada Tabligh Akbar ini akan dihadiri sekitar 1000 jamaah yang terdiri dari:

  • Pengurus PBNU
  • Gubernur DKI Jakarta
  • Walikota Jakarta Barat
  • Alim Ulama & Habaib, Tokoh Masyarakat DKI Jakarta
  • Pengurus Wilayah, Cabang dan Wakil Cabang  NU DKI Jakarta
  • Peserta dan Keluarga Khitanan Massal

 

Tanggal : 28 Feb 2020 s/d 11 Apr 2020
Tempat : Pesantren Ekonomi Darul Uchwah
Jam : 08:00 – Selesai

You may also like...