Ketua PBNU: Bangsa Indonesia Butuh Figur Seperti Gus Dur


hobindonesia.id Tidak terasa sudah sebelas tahun lalu Gus Dur meninggalkan kita semua dan terasa sekali bahwa bangsa Indonesia ini butuh figur seperti Gus Dur.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Marsudi Syuhud dari NU Channel saat konferensi pers dalam memperingati Haul Gus Dur yang ke 11 di Gedung PBNU, Jakarta, Minggu (27/12).

“Pada haul Gus Dur yang ke 11 ini, mari kita ingat-ingat sesungguhnya Allah Swt telah memberikan bagaimana cara kita mengapresiasi terhadap orang – orang yang beramal saleh, beraktivitas, dan orang yang telah banyak tinggalannya untuk bangsa Indonesia ini,” kata Pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah.

Kiai Marsudi mengharapkan mudah-mudahan kita sebagai anak cucunya, sebagai bangsa Indonesia, sebagai warga Nahdlatul Ulama, hendaknya kita meniru cara berpikirnya Gus Dur dan yang terpenting lakukan sesuatu sampai detik – detik kita akan meninggal.

Baca Juga:Kiai Marsudi Tegaskan Masyarakat Harus Meneladani Perilaku Nabi Muhammad Dalam Mengurus Negara

Menurutnya, perlakuan baik sekecil apapun yang itu bisa bermanfaat bagi orang lain, nantinya akan menjadi tinggalan ketika sudah meninggal.

Kiai Marsudi yang juga Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan sesungguhnya amal baik, amal saleh, kreativitas sekecil apapun itu yang sudah kita lakukan, akan ada buahnya, walaupun kita sudah meninggal,” jelasnya.

Lebih lanjut Marsudi Syuhud mengutip salah satu syair yang sering dilantunkan oleh Gus Dur, yang mana dengan syair ini kita harus ingat-ingat maknanya dan kalau bisa kita harus mengemplementasikan arti dari syairnya yang menceritakan; “Engkau menangis saat dilahirkan oleh ibumu, sementara orang – orang di sekelilingmu tertawa gembira menyambut kelahiranmu,”

“Kebalikannya ketika kita mati orang di sekeliling kita menangis. Tapi, kita akan tersenyum ketika kita nanti mati membawa banyak amal saleh dan mempunyai tinggalan yang bermanfaat untuk bangsa ini,”tambahnya.

Harapannya, mudah – mudahan Romo Kiai Abdurrahman Wahid selalu menjadi inspirator anak cucu bangsa Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *