Kiai Marsudi Tegaskan Masyarakat Harus Meneladani Perilaku Nabi Muhammad Dalam Mengurus Negara


hobindonesia.id Di Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Jakarta setiap pagi menyelengarakan pengajian yang langsung dikaji oleh Pengasuh Pesantren KH Marsudi Syuhud. Kitab yang dikaji ‘yurisprudensi negara dan yurisprudensi kelompok’. Menurutnya, dari kitab ini dijelaskan bagaimana tindakan nabi yang perlu dicontoh saat mengurus negara.

Seharusnya dalam bernegara kita harus mencontoh pribadi nabi sebagai seorang nabi, rasul, hakim, penguasa sekaligus pemimpin militer, artinya beliau lagi mempunyai fungsi ganda yakni sebagai nabi sekaligus penguasa. Inilah yang seharusnya kita contoh dalam bernegara.

“Ini penting, lebih-lebih sekarang di negara kita sedang banyak orang yang mudah terombang-ambing pada propaganda kelompok tertentu untuk merubah sistem negara. Muncul semacam pertanyaaan apakah sistem ber-Negara kita sudah sesuai syariah atau belum. Pada akhirnya, dari pembahasan ini kita dapat menemukan jawabannya,” kata Marsudi dalam pengajiannya, Kamis(24/12).

Baca Juga :Hari Bela Negara, Marsudi Syuhud Mengajak Warga Negara Untuk Menghormati Hukum yang Sudah disepakati Bersama

Marsudi menjelaskan, Nabi Muhammad Saw bukan hanya seorang nabi saja, tetapi beliau adalah seorang nabi, rasul (utusan), hakim, penguasa dan pemimpin militer. Maka, apa yang beliau lakukan sebagai nabi dan utusan dalam kaitannya dengan masalah kepercayaan, ibadah, nilai, moral dan rasio kebenaran-Nya, Nabi Muhammad adalah diambil dari seperti yang ditunjukkan beliau kepada para sahabat-Nya.

Menurut Marsudi, adapun apa yang Nabi Muhammad Saw lakukan sebagai nabi dan penguasa, atau sebagai nabi dan hakim, maupun sebagai nabi dan pemimpin militer, beliau bertindak dengan dua pertimbangan yakni kapasitas-Nya Saw sebagai seorang nabi dan kapasitas-Nya Saw sebagai penguasa, pemimpin atau hakim.

Kiai Marsudi lalu mengutip Surat Al-Ahzab, ayat 40, Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kalian, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah maha mengetahui segala sesuatu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *