Madrasah Diniyah Pesantren Ekonomi Darul Uchwah


Pesantren Ekonomi Darul Uchwah adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang dikembangkan dalam rangka menghadapi tuntunan zaman yang semakin maju dan menekan akan dibutuhkannya pendidikan yang berbasis ekonomi sehingga terwujudnya generasi muslim yang mampu bersaing dalam menghadapi pembangunan ekonomi dan dinamika bisnis.

Pendidikan yang ada di Pesantren ekonomi darul uchwah tidak jauh beda dengan pesantren pada umumnya, sebab di Pesantren ekonomi darul uchwah juga ada dua lembaga pendidikan yakni, lembaga pendidikan formal dan nonfromal, salah satunya adalah madrasah diniyah yang memiliki peranan penting dalam pengembangan pembelajaran agama islam.

Adapaun pendidikan madrasah diniyah yang ada di Pesantren ekonomi darul uchwah dilaksanakan di luar waktu pendidikan formal, yaitu selepas waktu sholat isya’ atau pukul 20.30 sampai pukul 22.12 WIB. Dan madrasah diniyah salah satu lembaga pendidikan yang menjadi ciri khas pesantren. Dimana para santri secara khusus belajar materi – materi keagamaan antara lain Aqidah, al-qur’an, kitab-kitab Tajwid, figih, dan sebagainya termasuk bahasa arab sebagai ilmu alat dalam memahami berbagai disiplin ilmu tersebut.

Sedangkan sistem pengajaran dalam madrasah diniyah di Pesantren ekonomi darul uchwah menggunakan perpaduan antara sistem pendidikan modern dan sistem klasik salafiyah. Beberapa mata pelajarannya menggunakan kitab – kitab kuning klasik khas pesantren salafiyah di pesantren pada umumnya, seperti kitab Ta’lim Muta’allim, Aqidatul Awwam, Fathul Qorib, Arbain Nawawi dan lain-lain. Perpaduan ini tidak lain guna untuk memudahkan para santri dalam memahami pelajaran.

Yang lebih penting dari sistem pendidikan di Pesantren ekonomi darul uchwah adalah praktek amaliyah santri sehari-hari. Ilmu yang mereka dapatkan di kelas diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan modal membiasakan apa yang sudah di dapatkan dalam pembelajaran di kelas, dengan mengaplikasikan dalam bentuk perilaku, sehingga dapat membentuk santri menjadi manusia yang berkarakter Akhlakul Karimah.

Pada dasarnya hakikat pesantren tetaplah sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam yang
orientasi berdirinya ditujukan untuk pendidikan keagamaan. Sebagai wadah mencetak sekaligus menyeleksi calon-calon ulama dan kyai agar nilai-nilai Islam terus tumbuh dan lestari.

Madrasah tidak lain adalah kata arab untuk sekolah, artinya tempat belajar. Istilah madrasah ditanah arab ditujukan untuk semua sekolah umum, namun di Indonesia ditujukan untuk sekolah-sekolah Islam yang mata pelajaran dasarnya adalah mata pelajaran Islam. Lahirnya lembaga ini merupakan kelanjutan sistem di dunia pesantren yang di dalamnya terdapat unsur-unsur pokok dari suatu pesantren.

Baca Juga : Dirasah Islamiyah Pesantren Ekonomi Darul Uchwah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *