MASTASA : Awal Pembentukan Karakter Santri yang Mandiri dan Kreatif

Jakarta – Pengurus Pesantren Ekonomi Darul Uchwah gelar Masa Ta’aruf Santri (Mastasa) secara tatap muka bagi santri baru yang sudah berada di pesantren. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokal kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat, (19/9/21).

Kegiatan Mastasa yang diselenggarakan oleh Pengurus Pesantren Ekonomi Darul Uchwah mengacu pada Visi dan Misi yang dimiliki pesantren, yaitu dengan terwujudnya lembaga pesantren unggul sebagai pusat pengembangan wirausaha (Entrepreneur) dan kepemimpinan (Leadership) santri di tingkat nasional dan internasional.

Masa Ta’aruf Santri ini diselenggarakan selama tiga hari, yakni mulai tanggal 17 hingga 19 September 2021 di lantai 3 gedung Pesantren Ekonomi Darul Uchwah. Kegiatan ini diikuti oleh santri baru dari kalangan mahasiswa yabg tersebar dari berbagai universitas, diantaranya adalah Univerditas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Akademi Telekomunikasi (Akatelkom) dan juga Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta).

Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Karakter Santri yang Mandiri dan Kreatif” Ini dibuka dengan materi profil Pesantren yang disampaikan langsung oleh Lurah Pesantren Ekonomi Darul Uchwah yaitu Ustadz Akhmad Nurul Huda. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait peraturan Pesantren Ekonomi Darul Uchwah, santri diperkenalkan mengenai adab-adab berpakaian dan bergaul dalam berbagai lingkungan, baik itu mencakup lingkungan Pesantren maupun lingkungan masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan kali ini, materi peraturan Pesantren tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Pesantren, yakni Ustadz Amron Zamzami.

Pada hari berikutnya, kegiatan dilangsungkan dengan penyampaian materi Aswja dan Ke-NU an yang disampaikan oleh Ustadz M. Chadafi, dilanjutkan dengan penyampaian materi Fiqh Wanita yang disampaikan oleh Ustadzah Uswatun Hasanah, kemudian penyampaian materi tentang Maha Santri yang disampaikan langsung oleh Ustadz Muhammad Ulul Azmi.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Mastasa tersebut. Disamping penyampaian materi oleh para narasumber, seluruh peserta juga diwajibkan untuk meresume seluruh materi yang telah disampaikan.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Ahlak Tullab, pada kesempatan ini disampaikan oleh Agus Yunus Aminullah, dilanjut dengan materi Ekonomi Kreatif yang disampaikan oleh Ustadz Imron, kemudian dilanjutkan dengan materi Tahsin Qur’an, pada kesempatan kali ini materi Tahsin Qur’an disampaikan langsung oleh Ning Radina Qisma yang merupakan putri dari pengasuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah.

Pada sesi akhir, dilanjutkan materi Media Pesantren yang disampaikan langsung oleh Ustadz Irgi Nur Fadhil.

Penulis : Dhea Oktaviana

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *