Membangun Karakter Santri, Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Gelar Pelatihan Khutbah


hobindonesia.id Membangun karakter santri dalam mengamalkan esensi beragama dikehidupan sehari-hari serta melatih publik speaking yang baik. Pesantren Ekonomi Darul Uchwah menggelar Pelatihan Khutbah. (26/2)

Iqbal, Ketua Pelaksana mengatakan alhamdulillah pada hari ini Pesantren Ekonomi Darul Uchwah menggelar pelatihan khutbah dengan tema membangun karakter santri dalam mengamalkan esensi beragama dalam kehidupan sehari-hari.

“Pelatihan ini ditujukan kepada seluruh santri dengan tujuan agar mendapat ilmu baru, pengetahuan baru, terutama mengenai khutbah,” ungkap Iqbal.

Senada dengan hal tersebut, Sekertaris Pesantren Ekonomi Darul Uchwah, Amron Zamzami menyampaikan bahwa dengan adanya acara pelatihan khutbah ini dapat menjadi muhasabah bersama untuk para santri.

“Bahwa menjadi seorang santri ketika diminta untuk berhadapan dengan orang lain tidak gentar dan tidak grogi saat tampil di depan banyak orang,” tuturnya.

Menurutnya, Masjid-masjid sekarang membutuhkan para santri, membutuhkan lulusan Pesantren untuk menyampaikan siraman rohani. Maka dari itu kita harus menghilangkan rasa minder dalam diri santri, agar tidak kalah dengan orang yang hanya bisa berbicara di depan publik dengan modal satu hadits dan satu ayat Al-Qur’an.

Harapannya, Semoga dengan diadakannya acara ini kita nantinya bisa mendapatkan hasil sehingga dapat diaplikasikan untuk menyalurkan ilmu keagamaan di masjid – masjid.

Sementara itu Ustadz Chadafi sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pentingnya pelatihan khutbah ini, agar para santri tidak mudah pesimis dan putus asa. Selain itu, pengertian khutbah sendiri artinya berpidato pada rangkaian khusus yang sifatnya resmi dengan tujuan menyampaikan pesan ketaqwaan kepada Allah.
.
.

Baca Juga : Peran Pesantren Dalam Perkembangan NU di Jakarta Barat

Pewarta : Isna

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *