PROFIL PESANTREN

Dalam upaya merealisasikan tujuan pendidikan Nasional yang tercantum dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945 diperlukan sebuah upaya konseptual, terarah, dan terpadu, yang dilandasi dengan semangat kebangsaan dan keikhlasan kepada Allah. Upaya tersebut harus berjalan dalam koridor tujuan pendidikan Nasional dalam arti vertikal maupun horizontal.

Pada dasarnya pendidikan merupakan suatu upaya yang secara sadar dilakukan untuk mengembangkan potensi manusia sehingga ia mampu mengaktualisasikan keberadaan dirinya sebagai seorang kholifah di bumi ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Kehadiran pendidikan merupakan sebuah amanah yang menjadi tanggung jawab semua kalangan, baik tua maupun muda, pemerintah ataupun masyarakat.

Peran serta masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan sangatlah besar, karenanya kehadiran mereka sebagai fasilitator pendidikan pada garda terdepan amatlah dibutuhkan oleh pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat.

Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House of Brotherhood) sebagai sebuah organisasi sosial kemasyarakatan adalah satu wadah yang mencoba turut serta dalam memberikan perhatiannya terhadap pengembangan dunia pendidikan dari masa ke masa.

Peran pencerdasan yang ditempuh Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House of Brotherhood) adalah upaya menyiapkan sumberdaya manusia menjadi tenaga-tenaga professional untuk menjadi kader ulama yang memiliki kualitas dan kapabilitas bersaing yang siap diterjunkan langsung ke masyarakat. Oleh sebab itu dalam kaitannya dengan penyiapan tenaga-tenaga handal tersebut maka pilihan yang tepat adalah dengan membuka lembaga pendidikan pesantren yang mempunyai ciri khas ekonomi sebagai kajian utama yaitu Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House of Brotherhood).

Dengan penuh keyakinan dan tawakkal kepada Allah Yayasan Pesantren Ekonomi Darul Uchwah mendirikan Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House of Brotherhood) dengan visi, misi, dan tujuan sebagai berikut:

a.Visi Pesantren

Visi Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House of Brotherhood) adalah menjadi lembaga Pesantren yang Unggul sebagai pusat pengembangan Ekonomi, Wirausaha (Entrepreneur) dan Kepemimpinan (Leaderships) Santri baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

b.Misi Pesantren

Misi Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House of Brotherhood):

1.Menyelenggarakan pendidikan keagamaan berbentuk pesantren dengan menjadikan ilmu-ilmu keislaman sebagai basis untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

2.Melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

3.Menjadi satu wadah pembelajaran yang memiliki konsep pengembangan enterpreiner dan kreativitas santri yang berbasis riset yaitu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan memperbanyak lapangan pekerjaan.

4.Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan ekonomi yang bermoral, dan beretika.

5.Menyelenggarakan pendidikan lifeskill dalam berbagai bidang ekonomi.

6.Mengembangkan pendidikan dan pelatihan ekonomi demi membekali santri terjun di masyarakat.

7.Membangun dan mengembangkan jiwa wirausaha dan kepemimpinan santri.

c.Tujuan

Tujuan Pesantren Ekonomi Darul Uchwah (House of Brotherhood) adalah:

1.Berpartisipasi dalam rangka turut serta membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

2.Mencetak lulusan Pesantren yang mampu mempunyai wawasan ekonomi yang mumpuni dan memiliki dasar ilmu keislaman yang kuat.

3.Menghasilkan lulusan yang siap mengembangkan kegiatan-kegiatan ekonomi.

4.Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan yang menjadi penggerak dalam pengembangan kegiatan-kegiatan ekonomi di Masyarakat.

5.Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneurship yang tidak hanya siap kerja tetapi mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

6.Menciptakan jaringan ekonomi kerakyatan baik melalui kerjasama dengan pihak luar atau alumni.