Program Tahfidz Quran – Pesantren Ekonomi Darul Uchwah Kansas Bogor

hobindonesia.id Salah satu cabang Pesantren Ekonomi Darul Ukhwah yang berada di Kansas Bogor mengadakan Program Tahfidz Quran selama 1 Bulan.

Program Tahfidz yang diikuti 21 santri dari Pesantren Darurrahman sukawangi Bekasi disambut hangat oleh Pengasuh Pesantren.

Pengasuh Pesantren, Umi Mufizah menyampaikan, program ini untuk mendidik dan menghasilkan santri yang sejalan dengan nilai-nilai agama berdasarkan al-Qur’an dan Hadis ‘ala manhaj Ahlu Sunnah wal Jamaah.

Sebagai program perdana, kegiatan ini akan dilaksanakan sebulan penuh, yang nantinya langsung akan dididik oleh Pengasuh dan Asatidz Pesantren.

Dalam acara tersebut Umi Mufizah menjelaskan dalam menuntut ilmu ada 6 syarat yang harus dikerjakan, sebagaimana dijelaskan di kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syekh Az-Zarnuji.

  أَخي لَن تَنالَ العِلمَ إِلّا بِسِتَّةٍ سَأُنبيكَ عَن تَفصيلِها بِبَيانِ ذَكاءٌ وَحِرصٌ وَاِجتِهادٌ وَبُلغَةٌ وَصُحبَةُ أُستاذٍ وَطولُ زَمانِ .

Artinya : Syarat mendapatkan ilmu itu ada enam. (Yakni) cerdas (sehat akal), rakus yaitu rakus dalam menyerap ilmu-ilmu, bersungguh-sungguh, cukupnya modal (harta, kemampuan, dan usaha yang keras), guru yang mengajarkan, dan waktu yang lama.”

Dalam dunia pesantren, keenam syarat tersebut wajib dimiliki para santri.

“Sekarang sudah hafal lafadznya, tinggal mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Barang siapa yang gigih dalam menuntut ilmu maka akan dapat kesuksesan.

Lebih lanjut beliau juga mengingatkan kepada para santri, dalam mencari ilmu bukan cuma sekedar semangat mencari ilmu tapi harus cinta ilmunya, dan mengamalkannya. Serta cerdas menggunakan waktu sebaik mungkin.

Selain Umi Mufizah, Gus Yunus yang juga salah satu Pengasuh Pesantren ikut menyampaikan rasa syukur atas dilaksanakannya program Tahfidz ini. Dirinya berharap agar acara dan kegiatan yang baik seperti ini dapat terus dilaksanakan hingga lebih banyak lagi lahir para penghafal Alquran yang siap mengabdi di mana pun.

“Dari momentum kegiatan yang penuh berkah ini diharapkan para santri yang mengikuti Program Tahfidz, di Pesantren Ekonomi Darul Ukhwah Kansas Bogor, dapat terus istiqamah dengan hafalan, membawa berkah untuk dirinya, keluarga,dan lingkungan sekitar,”harapannya.

Baca Juga : Pesantren Tahfidzul Qur’an Ekonomi Darul Uchwah Jakarta

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *